Senin 30 Apr 2012 21:30 WIB

Triwulan Pertama, Pendapatan XL Tumbuh 9 Persen

Seorang pel;anggan menikmati layanan XL
Seorang pel;anggan menikmati layanan XL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT XL Axiata (XL) membukukan peningkatan pendapatan year on year sebesar 9 persen pada triwulan pertama tahun 2012 menjadi Rp 4,96 triliun.

Kinerja positif didorong oleh peningkatan pendapatan Layanan Data yang tumbuh sebesar 71 persen, SMS 18 persen dan Percakapan 4 persen. ''Tahun ini percakapan mengalami kenaikan empat persen, tahun lalu pada periode yang sama mengalami penurunan tujuh persen,'' kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, di Jakarta, Senin (30/4).

Pertumbuhan layanan data diakui Hasnul menopang kinerja XL. ''Tanpa dukungan data, pertumbuhan kami sekitar 4-5 persen, dengan dukungan pertumbuhan data kinerja kami mengalami peningkatan hingga sembilan persen,'' paparnya.

Sekalipun ada kenaikan pendapatan, pada triwulan pertama tahun ini keuntungan bersih XL diperkirakan akan mengalami penurunan. Hal ini, kata Hasnul, disebabkan oleh meningkatnya biaya operasi akibatnya tingginya investasi. ''Cost seperti deret ukur, sementara revenue rata seperti deret hitung,'' kata Hasnul memberi ilustrasi.

 

Tahun ini, fokus XL masih pada layanan data. Keberhasilan layanan ini memberi kontribusi

pendapatan layanan data terhadap total pendapatan meningkat dari 12 persen pada tahun lalu menjadi 18 persen. ''Kami juga berhasil mendorong pertumbuhan pada layanan percakapan agar tidak tergantikan dengan layanan data, dimana untuk kali pertama selama 4 kuartal terakhir layanan percakapan menunjukkan pertumbuhan yang positif,” katanya.

Pengguna layanan data telah mencapai 27,9 juta pelanggan, meningkat sebesar 50 persen YoY dan telah mencapai 60 persen dari total pelanggan. Pelanggan BlackBerry XL telah tumbuh sebesar 185 persen YoY melalui berbagai macam penawaran layanan paket BlackBerry dengan harga yang menarik.

Pendapatan layanan non-percakapan saat memberikan kontribusi setengah dari total pendapatan pemakaian XL. Sesuai dengan fokus untuk menerapkan metode tarif layanan data yang lebih tepat, XL telah menghentikan penawaran paket layanan data unlimited (tanpa batas) dan hanya fokus kepada penawaran Pay as you use (bayar sesuai pemakaian) seperti paket Hot Rod 3G+.

XL telah memperluas cakupan untuk layanan ini di 4 kota lainnya dan sekarang tersedia di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, Bandung, Semarang, Yogyakarta and Palembang. Hot Rod 3G+ XL lebih dapat diandalkan dengan kecepatan yang lebih baik hingga 3,6 Mbps.

Untuk lebih meningkatkan penggunaan layanan data, XL telah membentuk inovasi layanan baru untuk pelanggan. XL meluncurkan XL KL1K dimana pelanggan dengan hanya satu klik, dapat mengakses berbagai aplikasi jejaring sosial, chatting dan permainan interaktif seperti Facebook.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement