Selasa 24 Apr 2012 10:54 WIB

Indosat Lakukan Drive Test di Jakarta

Rep: rosita budi/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan selulernya, Indosat melaksanakan drive test secara berkala di wilayah operasionalnya. Pelaksanaan dilakukan dengan mengetes kualitas layanan suara, SMS dan data, di lokasi-lokasi utama, seperti sentra ponsel, perkantoran dan area perbelanjaan.

Tim Indosat bersama pelanggan terpilih menggunakan mobil “Quality Test” melakukan pengetesan secara statis atau bergerak. Program drive test dilakukan di kota Jakarta dan sekitarnya, dan mengunjungi beberapa lokasi yaitu Plaza Senayan, Gedung BNI dan Sentra Ponsel Roxy.

Hasilnya  memperlihatkan bahwa indikator-indikator kualitas layanan adalah diatas standar yang ditetapkan oleh regulator telekomunikasi. Dengan hasil ini, diharapkan pelanggan dapat menikmati layanan seluler Indosat dengan nyaman, akses mudah dan sinyal stabil.

Head of Region Jabotabek & West Java Commercial Operation, Sonny Adiwidjaya, mengatakan drive test ini dilakukan secara berkala untuk memantau kualitas layanan seluler di lapangan, yang akan menjadi masukan dalam melakukan program pengembangan kapasitas dan cakupan wilayah layanan, termasuk upaya berkesinambungan untuk mengurangi kepadatan trafik komunikasi di wilayah-wilayah yang membutuhkan.

“Kami sangat memperhatikan kebutuhan pelanggan dan pengguna yang semakin meningkat dari waktu ke waktu bagi layanan suara, sms dan data,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (24/4).

Beberapa indikator pelayanan yang dites saat proses berlangsung, adalah tingkat keberhasilan panggilan atau Succesful Call Rate (SCR) sebesar 96 persen (standar 90 persen), tingkat kegagalan panggilan atau Call Drop Rate  (CDR) sebesar 2,15 persen (standar maksimal 5 persen), tingkat kesuksesan pengiriman SMS sebesar 98 persen (standar 95 persen), Web browsing dengan waktu akses 10 detik, Video streaming  sebesar 450kbps, Speed test atau pengukuran kecepatan 470 kbps hingga 5900 kbps.

Dari tahun 2011 lalu, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk layanan suara, sms dan data, masing-masing sebesar 16 persen menjadi 14 juta Erlang/hari , 48 persen menjadi 1,2 Miliar SMS/hari dan 75 persen menjadi 100 Terabyte/hari.

Khusus untuk layanan data, di 10 wilayah operasional Indosat, telah dilakukan perluasan cakupan layanan data 3G ke beberapa kota/kecamatan baru seperti di Bali (Denpasar, Badung), wilayah Sulampapua (Manado, Makassar, Pare-pare, Sindrap, Pinrang, Bulukumpa, Selayar), Sumbagsel (Desa Sukajadi OKU Timur, kota Baturaja dan kota Lubuk Linggau).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement