Rabu 11 Apr 2012 21:09 WIB

BTS XL Tembus 30 Ribu Unit

BTS XL di Cipularang
BTS XL di Cipularang

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Base transmiter station (BTS) yang dimiliki XL menembus angka 30 ribu. Menyambut pencapaian tersebut XL menggelar acara syukuran secara serentak di lima kota yakni yogyakarta, Pekanbaru, Legian, Maros dan Cipularang.

''Kami bersyukur dapat membangun infrastruktur BTS hingga melampaui 30 ribu. Ini hal yang tidak mudah, penuh pengorbanan dan tentunya membutuhkan investasi yang sangat besar,'' kata Presiden Direktur XL Axiata pada syukuran pencapaian 30 ribu BTS di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, Rabu (11/4).

Hasnul melukiskan bahwa untuk mencapai angka itu membutuhkan perjuangan tersendiri. Pasalnya, pada delapan tahun pertama XL baru memiliki 2.400 BTS. ''Delapan tahun berikutnya ada penambahan 27.600 BTS,'' kata Hasnul dalam acara yang dihadiri Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika M Budi Setiawan serta Wagub DIY Pakualam IX.

Tahun 2011 disebut Hasnul juga mencatat sebuah sejarah baru. ''Tahun ini kami membangun 6.000 BTS baru, sebelumnya hanya 2.000 hingga 3.000 per tahun,'' ujar Hasnul.

Dengan 30 ribu BTS akan menjamin luasnya cakupan layanan, kapasitas layanan yang semakin besar, serta kualitas yang lebih baik. ''Sehingga masyarakat Indonesia akan semakin nyaman dalam berkomunikasi,'' katanya.

Tak berhenti pada angka 30 ribu, Hasnul menyatakan akan terus memperluas cakupan dan layanan. Ia mengungkapkan pada tahun 2012 dialokasikan belanja modal Rp 7 triliun hingga Rp 8 triliun. Sebanyak 60 persen dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan data termasuk pengembangan infrastruktur jaringan.

Tahun ini, kata Hasnul, XL akan menambah sekitar 6.000 BTS baru. Sebanyak 4.000 BTS berupa node B ( BTS 3G). Dari seluruh BTS yang dimiliki tercatat ada sekitar 20 persen Node B.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement