Rabu 11 Apr 2012 17:52 WIB

XL Siap Gelar Layanan Komersial LTE

Ujicoba LTE XL
Foto: XL Axiata
Ujicoba LTE XL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata menyatakan siap menggelar layanan komersial long term evolution (LTE). Serangkaian ujicoba telah dilakukan XL  untuk layanan teknologi seluler generasi baru ini.

Menurut Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, layanan LTE diperkirakan baru akan di launch secara komersial dalam dua atau tiga tahun mendatang. ''Saat ini kami melakukan serangkaian persiapan dan ujicoba,'' kata Hasnul.

Ia menambahkan bahwa serangkaian ujicoba yang telah dilakukan XL  berhasil dengan baik. ''Kami akan terus melakukan ujicoba dan menyiapkan layanan ini,'' katanya.

Dalam mendukung pengembangan layanan broadband dan LTE, XL telah melakukan modernisasi jaringan. Dalam hal ini dilakukan perubahan BTS 2G ke single RAN, sementara 3G dimodernisasi ke LTE.

Modernisasi jaringan antara lain dilakukan di Kalimantan dan Sumatera. '' Modernisasi jaringan 3G dilakukan di Jabodetabek dan telah selesai akhir tahun 2011,'' papar Hasnul.

Sementara itu untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas data karena penggunaan data yang semakin besar, telah dilakukan peningatan kapasitas backhaul. XL juga mengadopsi teknologi baru yang menggunakan internet protocol (IP) atau serat optik.

Adopsi IP pada RAN backhaul memungkinkan kapasitas jaringan bisa ditingkatkan menjadi 155 Mbps. ''Kapasitas ini jauh lebih besar dibandingkan dengan teknologi lama yang hanya 20 Mbps,'' ujar Hasnul.

Sejak tahun 2011 transmisi XL telah dapat mengakses jaringan menggunakan kombinasi antara gelombang mikro dan serat optik. XL juga menggunakan teknologi hibrida yang menggunakan teknologi TDM dalam satu sistem. ''Saat ini lebih dari 50 persen node B XL telah tersambung dengan teknologi implementasi. Implementasi penuh sistem IP akan dilakukan pada tahun 2012,''ujar Hasnul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement