Senin 09 Apr 2012 02:35 WIB

Perempuan Lebih Jago Aritmatika ?

Rep: palupi annisa auliani/ Red: M Irwan Ariefyanto
Matematika (Ilustrasi)
Foto: clare.cam.ac.uk
Matematika (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Perempuan, selama ini kerap dianggap lebih jago pada bi dang terkait bahasa dan se ni. Sementara kemampuan ma tematis dan ukuran dikira adalah milik para lelaki. Tapi ternyata, riset di Cina mendapatkan hasil yang berbeda.

"Sejumlah orang tua dan guru di Cina mengatakan anak perempuan mengerjakan aritmatika le bih baik dibanding anak laki-laki," kata Xinlin Zhou, peneliti Beijing Normal University. Riset ini dilakukan dengan serangkaian uji coba terhadap anak-anak berusia delapan hingga 11 tahun, di 12 sekolah dasar di Beijing, Cina.

Hasilnya, anak-anak perempuan mengalahkan anak-anak lelaki, dalam berbagai bidang matematika. Seperti per ban dingan numerik, pengenalan angka paling besar dari dua angka, dan penyusunan deret angka.

Anak-anak lelaki, pada riset tersebut terpantau lebih unggul saat diminta merotasi gambar gambar tiga dimensi. "Keunggulan anak perempuan dalam keterampilan verbal, mengantarkan proses yang lebih efisien dalam aritmatika," kata Zhou. Sementara bagi anak-anak lelaki, strategi verbal digunakan untuk mempelajari istilah matematika, di saat anak perempuan berlatih keterampilan spasial.

Dari situs www.otakunggul.com, riset Howard Gardner merumus kan teori tentang kecerdasan. Psikolog dan pakar ilmu saraf ini, menyebut teorinya d ngan 'Multiple Intelligences' alias kecerdasan majemuk. Dalam teori itu, ada tujuh kecerdasan majemuk yang dipetakan. Yaitu kecerdasan visual atau spasial, verbal atau linguistik, matematis atau logika, badan atau kinestetik, musik atau ritme, intrapersonal, dan interpersonal.

Merujuk teori Gardner, kemampuan matematika sangat mengandalkan akal, logika, dan angka. Pembelajar tipe ini berpikir konseptual dalam pola logis dan numerik, untuk membuat hubungan antara potongan informasi. Orang dengan kecerdasan tipe ini cenderung selalu ingin tahu dunia di sekitar mereka, mengajukan banyak pertanyaan dan suka melakukan eksperimen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement