Advertisement
Rabu 04 Apr 2012 22:19 WIB

Microsoft Usulkan Pengembangan Internet Hingga Pedesaan

Desa Pinter : Peresmian desa Kaliau, kecamatan Sanjingan Besar, Sambas sebagai Desa PInter ke-60
Foto: taufik rachman
Desa Pinter : Peresmian desa Kaliau, kecamatan Sanjingan Besar, Sambas sebagai Desa PInter ke-60

REPUBLIKA.CO.ID, Indonesia dinilai perlu memperluas jaringan internet hingga ke pedesaan agar dapat meningkatkan daya saing secara global, kata Wakil Presiden Kebijakan Teknologi Grup Microsoft Daniel Reed.

"Kondisi dunia saat ini sudah terkoneksi secara global lewat internet sehingga persaingan bukan hanya dengan orang dari satu daerah, tapi bersaing dengan seluruh penduduk dunia," kata Daniel Reed di Jakarta, Rabu.

Menurut Reed, dengan mengenal internet, seseorang juga dapat terus belajar sepanjang hidup agar dapat meningkatkan daya saing.

"Teknologi adalah teknologi, apakah teknologi menghasilkan sesuatu yang baik atau buruk tergantung pemakainya, maka selain mendorong aksesibilitas teknologi, mendidik masyarakat juga perlu," ungkap Reed.

Satu-satunya sumber daya yang dapat terus menerus diperbaharui menurut Reed adalah sumber daya manusia sehingga selain mendorong pembangunan infrastruktur untuk menunjang konektivitas internet diperlukan juga pelatihan sumber daya manusia.

Untuk menambah jangkauan internet di Indonesia, Reed mengusulkan teknologi baru dari Microsoft yang disebut sebagai "White Space" yaitu pemanfaatan frekuensi yang tidak terpakai untuk dipakai menjadi jaringan internet tanpa kabel (wifi).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement