Selasa 03 Apr 2012 19:50 WIB

Mengintip Sentimen Pasar dengan Twitter

Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sentimen pasar  kini dapat diketahui dari media sosial seperti Twitter lewat peranti lunak dari SAP.

"Layanan itu berbasis HANA (High Performance Appliance Analytic), yang merupakan layanan database and technology dari SAP," kata Direktur Pengelola SAP Indonesia, Singgih Wandojo,  di Jakarta Utara, Selasa.

Singgih menjelaskan analisa sentimen pasar dari media sosial itu dipakai untuk mengetahui kebutuhan dan respon pelanggan terhadap produk perusahaan.

"Misalnya perusahaan es krim di kawasan pantai, dari sejumlah twit yang muncul bisa diketahui kebutuhan konsumen di sana," kata Singgih.

HANA, menurut Singgih, merupakan layanan menyerupai perangkat keras sebagai penyimpan rekam jejak data-data perusahaan untuk kemudian dianalisa."Dengan HANA, data tidak disimpan dalam hard-disk, tapi di memori," kata Singgih.

Pada Februari 2012, SAP meluncurkan tiga layanan solusi bisnis baru yaitu layanan "database and technology" yang  termasuk di dalamnya HANA, "mobile" (untuk perangkat bergerak), dan "cloud" (komputasi awan).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement