REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sentimen pasar kini dapat diketahui dari media sosial seperti Twitter lewat peranti lunak dari SAP.
"Layanan itu berbasis HANA (High Performance Appliance Analytic), yang merupakan layanan database and technology dari SAP," kata Direktur Pengelola SAP Indonesia, Singgih Wandojo, di Jakarta Utara, Selasa.
Singgih menjelaskan analisa sentimen pasar dari media sosial itu dipakai untuk mengetahui kebutuhan dan respon pelanggan terhadap produk perusahaan.
"Misalnya perusahaan es krim di kawasan pantai, dari sejumlah twit yang muncul bisa diketahui kebutuhan konsumen di sana," kata Singgih.
HANA, menurut Singgih, merupakan layanan menyerupai perangkat keras sebagai penyimpan rekam jejak data-data perusahaan untuk kemudian dianalisa."Dengan HANA, data tidak disimpan dalam hard-disk, tapi di memori," kata Singgih.
Pada Februari 2012, SAP meluncurkan tiga layanan solusi bisnis baru yaitu layanan "database and technology" yang termasuk di dalamnya HANA, "mobile" (untuk perangkat bergerak), dan "cloud" (komputasi awan).