Jumat 23 Mar 2012 13:35 WIB

Primergy CX400 S1, Server Multi Node yang Kompak

Fujitsu CX400 S1
Fujitsu CX400 S1

REPUBLIKA.CO.IDJAKARTA ,Fujitsu,meluncurkan keluarga baru Primergy,  Primergy CX400 S1 multi-node Cloud eXtension. Ia merupakan server kompak, karena hanya membutuhkan separuh dari ruangan standar server rak.

Karena kompak, ia mampu memuat 4 server fisik yang berdiri sendiri dan 24 disk drive menjadi sebuah kabinet 2U yang lebih kompak. Server kompak ini mampu mengcover berbagai kebutuhan seperti private cloud, high performance computing (HPC) dan virtualisasi skala besar. Fujitsu juga mengklaim Primergy CX400 S1 hemat biaya dan energi.

Jens-Peter Seick, Senior Vice President, Product Development Group, Fujitsu Technology Solutions, mengatakan  Primergy CX400 menunjukkan filosofi Fujitsu terkait dengan inovasi dan dukungan berkesinambungan untuk menaikkan kemampuan dan fleksibilitas dari sistem komputasi awan. ''Sistem Cloud eXtension dengan multi node memungkinkankan skalabilitas dan penghematan biaya serta menaikkan performa, produktivitas dan fleksibilitas dari solusi komputasi Cloud dan High Performance Computing," katanya.

Jans  menyatakan kehadiran Primergy CX 400 S1 merupakan respon atas meningkatnya kebutuhan akan efisiensi energi, kepadatan platform dan pengelolaan yang lebih efektif saat menjalankan strategi komputasi awan, high performance computing, virtualisasi, hosting, atau virtual-client computing. Ia sekaligus menjawab perkembangan akn data center, fleksibilitas serta peningkatan efisiensi energi, kepadatan platform, dan pengelolaan yang lebih efektif.

Primergy CX400 merupakan keluarga Fujitsu Cloud eXtension bersama dengan server Cloud Primergy CX1000 dengan 38 server. Untuk memperluas produknya, Fujitsu memperkuat komitmennya untuk menawarkan rangkaian solusi lengkap untuk mendukung komputasi awan bagi seluruh perusahaan.

Primergy Fujitsu terdiri dari 3 node server mulai dari rendah, menengah hingga tinggi yang dapat saling menggantikan, yaitu seri PRIMERGY CX210 S1, CX250 S1, dan CX270 S1 - ke dalam bentuk tray yang lebih hemat ruang. Untuk menjamin interoperabilitas, model server telah diesuaikan dengan standar rak dan berbagai aplikasi.

Primergy CX400 juga diklaim memiliki kemampuan skalabilitas dan mengombinasikan pendingin front-to-back dan konektivitas eksternal di bagian belakang untuk memudahkan pemasangan dan akses ke dalam rak yang ada. Model '4in2U' hanya membutuhkan ruangan 50 persen lebih sedikit, mengurangi investasi untuk peranti keras dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan dan sistem, sementara tetap menyesuaikan performa server berbasis rack. Model ini menjamin kehandalan dan uptime karena adanya fitur hot-plug yang mendukung sistem tetap menyala dan bekerja meskipun saat perbaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement