Jumat 09 Mar 2012 09:04 WIB

Page Load Makin Cepat dengan Mobile Cloud Accelerator

Pelanggan Telkomsel tegah menikmati layanan
Pelanggan Telkomsel tegah menikmati layanan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--JAKARTA--Harus menunggu lama saat membuka internet di ponsel. Bersabarlah. Ericsson dan Akamai telah mengembangkan Mobile Cloud Accelerator yang mampu mempercepat proses page load di ponsel.

Dengan menggunakan MCA waktu yang diperlukan untuk membuka halaman (page load) bakal lebih cepat hingga 70 persen. Internet di ponsel, bakal senyaman di desktop atau notebook.

Sam Saba, Presiden Ericsson Indonesia mengatakan, Mobile Cloud Accelerator adalah solusi yang unik untuk mengatasi masalah penerimaan konten mobile pada internet dan jaringan selular. ''. Kami sangat senang bekerja sama dengan Telkomsel, operator pertama yang menggunakan MCA, dan kami sekarang terus mengembangakan layanan tersebut," katanya.

Dengan MCA, setidaknya ada dua masalah akan dipecahkan. Yakni kepadatan trafik di level tengah--yang biasanya digunakan untuk akses internet, serta kepadatan trafik pada jaringan secara keselurahan. Masalah ini diatasi dengan mempercepat penerimaan konten pada internet dan mengutamakan konten premium pada jaringan selular.

Dengan pendekatan seperti ini, banyak pihak akan diuntungkan dengan teknologi terbaru ini dalam kaitan dengan penyediaan layanan internet. Operator, misalnya, akan mampu menyediakan layanan berkualitas dengan kecepatan akses level tertinggi. Bagi pengembang content (content provider) akan mampu meningkatkan kualitas konten yang dikembangkan termasuk meningkatkan konversi konten.

Bagi pelanggan, teknologi ini tentu saja akan memberikan pengalaman baru. Sebagian besar pengguna internet di Indonesia memanfaatkan ponsel sebagai device untuk mengakses internet.

Dalam banyak kasus, lamanya waktu yang diperlukan untuk membuka suatu situs atau portal menggunakan ponsel memang banyak dikeluhkan pelanggan. Karena keluhan tadi, banyak pelanggan yang kemudian enggan membuka halaman yang sama atau melakukan akses internet menggunakan ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement