Senin 05 Mar 2012 16:23 WIB

Ini Dia Aplikasi Pengidentifikasi Kemampuan Kognitif dan Emosi Siswa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Peneliti dari Universitas Notre Dame dan Universitas Memphis telah mengembangkan piranti lunak pengidentifikasi emosi siswa, termasuk pengenalan frustrasi dan kejenuhan.

Software yang disebut AutoTutor itu diklaim tidak sekadar menawarkan kemungkinan metode belajar yang menarik, tapi juga mendefinisikan kembali interaksi manusia dengan komputer.

"Sebagian besar sistem (yang dikembangkan) di abad ke-20 menyaratkan jendela, ikon, menu, dan kursor penunjuk agar dapat digunakan," kata D'Mello dari Universitas Notre Dame.

Kemampuan AutoTutor antara lain mengukur tingkat pengetahuan murid dengan mengajukan sejumlah pertanyaan, menganalisis respon murid dari pertanyaan itu, mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahpahaman secara aktif.

Selain itu, AutoTutor dapat merespons pertanyaan dan komentar murid, bahkan merasakan frustrasi dan kejenuhan murid dari ekspresi wajah dan gerak tubuh mereka, dan perubahan strategi untuk membantu murid mengelola emosi negatif.

"Seperti seorang pembimbing, AutoTutor dan Affective AutoTutor berusaha mempertahankan keseimbangan antara kejenuhan dan kebingungan, bimbingan dan kompleksitas para murid dalam belajar" kata D'Mello yang juga pakar interaksi manusia-komputer dan kecerdasan artifisial.

AutoTutor, menurut D'Mello, dikembangkan dengan gaya pedagogik, pola-pola dialog, bahasa dan sikap layaknya pembimbing manusia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement