Jumat 17 Feb 2012 19:31 WIB

Facebook dan Twitter Jadi Sumber Berita Utama Kalangan Pewarta

Akun Twitter @beritamuslim yang bikin heboh dunia twitter
Foto: Twitter
Akun Twitter @beritamuslim yang bikin heboh dunia twitter

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Hasil survei Dewan Pers tentang penggunaan konten media sosial oleh jurnalis menunjukkan bahwa Facebook menempati urutan pertama sebagai sumber berita, informasi berita, dan menghubungi narasumber.

"Tampaknya facebook dianggap lebih dapat diandalkan dibanding jejaring sosial lain, mungkin karena sistem pertemanan di facebook yang tertutup," kata Uni Lubis, anggota Dewan Pers, dalam penyampaian hasil survei di Jakarta, Jumat (17/2).

"Survei diselenggarakan 29 November 2011 hingga 3 Februari 2012 yang melibatkan 157 responden yang porsi terbesar berada di Jakarta, 45 persen responden," kata Uni.

Survei tersebut bertujuan mengetahui kecenderungan penggunaan konten media sosial dalam peliputan dan produksi berita oleh jurnalis atau media.

Facebook sebagai sumber berita dipilih oleh 58 persen responden, sebanyak 55 persen responden memilih facebook untuk mendapatkan ide atau informasi berita, dan 60 persen responden memakai facebook untuk mengontak narasumber.

Sementara, posisi kedua portal jejaring sosial pilihan jurnalis adalah twitter dengan 46 persen responden menggunakannya sebagai sumber berita.

Twitter dipilih oleh 50 persen responden untuk mendapatkan ide atau informasi berita dan 40 persen responden menggunakan twitter untuk mengontak narasumber.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement