Selasa 07 Feb 2012 10:18 WIB

Verizon dan Redbox Bersatu Hadapi Netfix

Redbox
Redbox

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Verizon Communications Inc dan unit Redbox Coinstar membentuk usaha patungan penyewaan video untuk bersaing dengan raksasa dalam bisnis itu Netflix Inc.

Saham Netflix turun hampir 3 persen setelah berita seputar usaha patungan itu, yang akan menggabungkan bisnis kios rental DVD Redbox dengan layanan video Internet dari Verizon, kata Reuters dalam laporannya.

Aliansi ini menandai pertama kalinya Verizon terjun ke video streaming di luar wilayah operasi jaringannya, karena sebelumnya operator telepon ini hanya menawarkan video Internet kepada pelanggannya yang menggunakan layanan televisi FiOs.

Namun, keberhasilan usaha dalam bersaing dengan Netflix akan sangat bergantung pada harga layanan dan kelengkapan konten yang disediakan, menurut analis.

Verizon dan Coinstar mungkin harus melakukan investasi besar untuk meyakinkan studio-studio Hollywood berpartisipasi jika mereka ingin menyediakan layanan sebanding Netflix, kata Daniel Ernst, analis Square Research.

"Pertanyaannya adalah, berapa banyak mereka berinvestasi untuk mendapatkan sebuah pemrograman perpustakaan besar? Netflix menghabiskan hingga 1 miliar dolar per tahun untuk konten," kata Ernst yang tidak yakin kedua perusahaan akan berinvestasi sebesar itu.

Verizon tidak mengungkapkan berapa banyak dari mitra TV pemrograman FiOS, jika ada, yang telah setuju untuk membuat konten video untuk layanan streaming itu.

Apa pun, langkah baru Verizon dinilai masuk akal karena mereka sudah menginvestasikan sekitar 23 miliar dolar membangun jaringan TV FiOS, dengan harapan jumlah pelanggannya meningkat.

Menurut analis Pacific Crest, Steve Clement, satu bagian besar dari sukses Netlix adalah karena antarmuka pelanggan yang mudah dan merekomendasikan acara TV serta film berdasarkan historis view pelanggannya.

Netflix mempunyai pelanggan 24,4 juta pada akhir Desember lalu, sementara Verizon memiliki 4,2 juta pelanggan layanan TV FiOS. Coinstar menyewakan DVD 1 dolar sehari dan Blu-Ray 1,50 dolar sehari dari kios-kios di berbagai tempat termasuk supermarket.

Dalam usaha patungannya, Verizon memiliki 65 persen penyertaan dan Redbox Coinstar 35 persen, akan memulai menawarkan produknya pada semester kedua 2012, kata Reuters mengutip pernyataan kedua perusahaan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement