Senin 06 Feb 2012 10:07 WIB

Smartphone Melaju Kencang Meninggalkan PC

LG Optimus 2X, Smartphone berbasis Android
Foto: LGE
LG Optimus 2X, Smartphone berbasis Android

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Smartphone--tidak termasuk tablet atau pad--, makin populer saja. Gadget ini belakangan disebut-sebut telah menggusur personal computer (PC). Sekalipun keluarga PC antara lain ditambah dengan tablet atau pad.

Suatu riset yang dilakukan Canalys mencatat bahwa untuk yang pertama kali pada tahun 2011, pengapalan smartphone mampu melampaui PC. Bahkan angka penjualan smartphone dalam satu semester yang mencapai 73 juta unit, juga melampaui angka penjualan PC. Pertumbuhan yang cepat produk Apple, baik iPhone maupun iPad, ikut mendorong pertumbuhan angka penjualan smartphones.

Tahun 2011 total produk smartphone yang dikapalkan mencapai 487,7 juta unit. Sementara jumlah PC, terdiri dari desktop, notebook, netbook dan tablet hanya 414,6 juta. Smartphone membukukan pertumbuhan sebanyak 62,7 persen, sementara PC 14,8 persen.

Riset Canalys juga mengungkap data bahwa dari keluarga PC yang mencatat pengapalan pad mencapai 63,2 juta atau pertumbuhan  274,2 persen. Tablet membukukan pertumbuhan tertinggi untuk keluarga PC.

Tahun yang sama pengapalan Desktop  mencapai 112,4 persen atau mengalami kenaokan 2,5 persen. Pengapalan notebook mencatat pertumbuhan 7,5 persen menjadi 209,6 juta. Sementara netbook mengalami penurunan sebanyak 25,3 persen menjadi 29,4 juta.

Apple memang menjadi penyumbang terbesar penjualam smartphone tahun 2011. Pada kuartal ke empat tahun 2011, Apple berhasil memasarkan 37 juta unit iPhone. Apple berhasil memecahkan rekor penjualan smartphone. Pemegang rekor sebelumnya adalah Nokia dimana pada kuartal ke empat tahun 2010 berhasil menjual 28,3 juta unit smartphones.

Rupanya tak hanya di pasar smartphone saja Apple memainkan peranan penting. Di sektor tablet yang mampu membukukan pertumbuhan 274,2 persen, Apple juga memainkan peranan penting. Tingginya penjualan iPad patut diduga ikut mendongkrak angka penjualan tablet tahun lalu.

 

 

 

 

sumber : canalyst
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement