REPUBLIKA.CO.ID, Analis teknologi Gartner, Michael Gartenberg mengatakan, ia tidak memperkirakan debut Facebook di pasar saham memiliki banyak dampak pada rata-rata pengguna meskipun uang tambahan akan memungkinkan untuk menggelar lebih banyak fitur.
"Facebook menjadi perusahaan publik (terbuka) tidak akan memiliki banyak implikasi bagi mayoritas luas pengguna Facebook, kecuali mereka berencana membeli sahamnya -- ketika mereka akhirnya bisa mendapatkan saham di atas tangan mereka," kata Gartenberg.
Hal itu dikatakan dia terkait rencana penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di bursa saham AS, Wall Street, Rabu (1/2). "Google tidak mengubah sebagian besar penggunanya ketika menjadi perusahaan publik," katanya. "Dia tumbuh. Dia memperluas layanan lainnya," tambahnya lagi.
Gartenberg mengatakan, IPO Facebook akan menjadi yang terbesar oleh perusahaan teknologi sejauh pada 2012, tetapi yang lain akan mengamati dengan seksama bagaimana harganya.
Jejaring sosial berorientasi karir, LinkedIn, go public pada 2011 dan dengan segera menggandakan nilainya. Namun demikian, transaksi online harian situs Groupon dan titan game sosial Zynga, keduanya telah diperdagangkan sebagian besar pada atau di bawah harga perdana mereka.