Kamis 02 Feb 2012 09:09 WIB

Perkuat Jaringan Ritel, Apple Rekrut John Browett

iPhone - Apple
iPhone - Apple

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Apple Inc telah merekrut Chief Executive Dixons, John Browett, untuk memimpin ekspansi ritel global perusahaan pembuat iPad itu, kata Reuters dalam laporannya.

Banyak yang memperkirakan bahwa penunjukan Browett merupakan bagian dari upaya Apple untuk memperkuat jaringan ritelnya di Eropa.

Langkah CEO Apple Tim Cook, yang untuk kali pertamanya merekrut high-profile sejak ia menjabat pimpinan puncak perusahaan teknologi terbesar dunia itu, dianggap baik untuk mengisi pos penting yang pernah dipegang Ron Johnson.

Ron Johnson yang meninggalkan Target Corp dan bergabung dengan Apple pada tahun 2000, telah mengundurkan diri dari Apple November lalu dan bergabung dengan peritel J.C. Penney Co Inc sebagai chief executive.

Browett menjabat CEO Dixons sejak 2007, sebelumnya ia sebagai kepala eksekutif situs belanja online yang sukses Tesco Plc. Ia sekarang akan menjalankan strategi ritel dan ekspansi toko Apple di seluruh dunia, yang saat ini berjumlah 300.

"Orang luar dengan pengalaman internasional akan membantu mengarahkan strategi ekspansi global Apple," kata analis RBC Capital Market Mike Abramsky dikutip Reuters.

Apple membuka toko ritel pertamanya di McLean, Virginia pada Mei 2001, dan sekarang telah memiliki lebih dari 300 toko yang menghasilkan rata-rata 34,1 juta dolar pada tahun buku 2010 atau 15 persen dari total penjualan bersih perusahaan.

Wall Street melihat toko-toko Apple sebagai satu keunggulan penting dalam bersaing dengan Google Inc dan Amazon.com juga produsen PC tradisional lainnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement