REPUBLIKA.CO.ID,Telkomsel bekerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan layanan Tap-Izy guna memudahkan pelanggan dalam pembelian tiket Kereta Prambanan Ekspres (Prameks). Layanan ini tersedia di Stasiun Tugu, Lempuyangan, Purwosari, dan Solo Balapan.
Seiring dengan kehadiran layanan Tap-Izy, Telkomsel dan PT. KAI menggelar program spesial berupa promo diskon Rp 1.000 untuk pembelian tiket Kereta Prameks yang AC maupun non AC dengan menggunakan Tap-Izy. Harga tiket Prameks sekali jalan Rp 10.000,-
VP T-Cash Management Telkomsel Ricaredo Soriano Babasa mengatakan, kehadiran layanan Tap-Izy di loket penjualan karcis kereta api merupakan upaya memperluas jaringan titik pelayanan Tap-Izy sehingga lebih mudah dijangkau pelanggan.
Tap-Izy merupakan inovasi layanan pembayaran contactless melalui ponsel pertama dan satu-satunya di Indonesia. Produk SIM card Tap-Izy telah dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID), di mana chip dan antena yang tertanam pada SIM card memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran dengan menyentuhkan ponsel ke alat pembaca (reader) yang terdapat pada mesin electronic data capture (EDC) Tap-Izy di kasir ataupun loket penjualan karcis.
Untuk dapat menikmati fasilitas Tap-Izy, pelanggan Telkomsel harus mengganti SIM card-nya dengan SIM card Tap-Izy di GraPARI. Masyarakat juga dapat membeli perdana Simpati yang sudah dilengkapi fitur Tap-Izy di Grapari, gerai Indomaret dan 7-Eleven bertanda Tap-Izy.
Setelah layanan Tap-Izy aktif, pelanggan dapat mengisi saldo elektronik Tap-Izy dengan nominal Rp 25.000 hingga Rp 1 juta di Grapari serta gerai Indomaret. Saldo yang ada bisa digunakan untuk transaksi pembelian tiket, juga transaksi di merchant rekanan Telkomsel lainnya, yakni: 7-Eleven, Indomaret, Starmart, Solaria, Disc Tarra, Circle K, Alfamart, dan Cinema 21 yang berlogo Tap-Izy.
Kereta Prambanan Ekspres merupakan nama bagi layanan kereta api yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta, dan Surakarta. Kereta ini berhenti di Stasiun Kutoarjo, Jenar, Wates, Stasiun Yogyakarta (Tugu), Lempuyangan, Maguwo (Bandara Adisucipto), Klaten, Purwosari, Solo Balapan, Solo Jebres, serta Stasiun Palur di ujung timur Surakarta. Saat ini beroperasi sepuluh kali pulang pergi dan dikelola oleh PT. Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta.
“Peluncuran layanan Tap Izy melengkapi beragam kemudahan dalam pembelian tiket kereta api. Sebelumnya pengguna layanan kereta api sudah dapat memesan tiket di berbagai channel penjual, seperti Contact Center 121, Indomaret, Kantor Pos, dan agen-agen resmi yang tersebar di seluruh wilayah Daerah Operasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Kami akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan,” ujar Direktur Komersial PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito.