Senin 09 Jan 2012 18:18 WIB

Internet Untuk Rakyat akan Jadi Unggulan Axis

Axis
Foto: Axis
Axis

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Axis Seluler Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan penetrasi internet di Indonesia dengan menyediakan layanan dengan harga terjangkau dengan kualitas yang baik, melalui program internet utuk rakyat.

''Penetrasi internet di Indonesia masih dibawah 40 persen, potensi pasarnya masih sangat tinggi. Kami berkomitmen untuk meningkatkan penetrasi internet di Indonesia. Kami akan gencarkan program internet untuk rakyat,'' kata GM Corporate Communication Axis, Prami Rachmadi, di Jakarta, Senin (9/1).

Dalam upaya mendorong peningkatan penetrasi di Indonesia, kata Prami, Axis mengusung tagline internet untuk rakyat. Melalui program ini dikembangkan layanan internet dengan harga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Prami mengungkapkan bahwa pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tumbuh signifikan dalam tiga tahun terakhir. Pertumbuhan ini, antara lain, dipicu oleh suburnya jejaring sosial di Indonesia. Jejaring sosial disebut Prami menjadi pintu masuk penggunaan internet di Indonesia.

Yang menarik, kata Prami, akses ke layanan jejaring sosial didominasi device mobile, utamanya ponsel. '' Sekitar 78 persen pengguna jejaring sosial menggunakan ponsel yang memiliki aplikasi jejaring sosial,'' kata Prami. 

Sehingga pengenalan internet di Indonesia didominasi akses menggunakan ponsel. Ini berbeda dengan negara-negara lain, dimana pengenalan internet diawali dari desktop PC. ''Indonesia memang beda,'' kata Prami.

Penurunan harga ponsel dan makin banyaknya ponsel murah dengan aplikasi media sosial ikut mendorong meningkatnya akses ke media sosial maupun jejaring sosial. Ponsel (biasa) dengan aplikasi jejaring sosial, kata Prami, biasanya berharga murah. Fenomena ini menggambarkan bahwa jejaring sosial juga dinikmati oleh kalangan menengah bawah pelanggan seluler. ''Bukan hanya pengguna smartphone atau blackberry saja,'' katanya kemudian.

Memperhatikan perkembangan ini, papar Prami, Axis sengaja mengembangkan program internet dengan harga terjangkau. ''Untuk pemula, silakan gunakan paket murah dengan tarif Rp 3.500 per hari,'' ujarnya. Pada paket ini dikenakan tarif Rp 2 /Kb. ''Setelah penggunaan mencapai Rp 3.500 pelanggan bisa menikmati akses internet gratis pada hari yang sama,'' katanya.

Bila telah terbiasa dengan paket harian, ia menyarankan pelanggan menggunakan paket Axis Eksis dengan biaya Rp 9.900 per minggu. ''Pada paket ini pelanggan akan mendapatkan kuota 100 MB dan spesial service seperti facebook,'' kata Prami. Untuk pengguna yang membutuhkan kuota lebih banyak lagi, dianjurkan menggunakan paket Axis Pro.

Prami melukiskan bahwa konsep yang dikembangkan berhasil menarik perhatian pelanggan. ''Buktinya pelanggan kami naik signifikan pada tahun 2011 menjadi 16 juta dan sebagian besar pelanggan menggunakan layanan data untuk akses media sosial,'' kata Prami. 

Belajar dari pengalaman tahun 2011 itulah, internet dan jejaring sosial menjadi salah satu fokus Axis tahun ini. Ia optimistis program yang dikembangkan akan mendapat respon publik. ''Pasar internet masih terbuka luas, internet kini menjadi kebutuhan,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement