Kamis 05 Jan 2012 11:11 WIB

Dekati iTunes App Store, Koleksi Android Market Capai 400 Ribu Aplikasi

Android market
Android market

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kolekasi aplikasi di Android Market mencapai 400 ribu. Suatu riset yang dilakukan Distimo mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut dipasok sekitar 100 ribu pengembang.

Android Market mendapat pasokan sekitar 100 ribu aplikasi dalam empat bulan terakhir. Pada Agustus 2011 aplikasi yang ada di Android Market diperkirakan mencapai 300 ribu aplikasi.

Distimo juga mencatat bahwa hampir dua pertiga aplikasi di Android Market adalah bebas biaya. Yang menarik pertumbuhan aplikasi gratis ini jauh lebih cepat ketimbang aplikasi berbayar.

Fenomena ini disebut Distimo telah melahirkan apa yang disebut sebagai model bisnis Freemium. Yakni suatu model bisnis dimana satu aplikasi dinyatakan gratis. Namun untuk mendapatkan fitur-fitur lain dari aplikasi gratis tadi pengguna harus membayar jumlah tertentu. Model ini telah diadopsi oleh banyak pengembang.

Riset yang dilakukan Distimo juga mencatat bahwa rata-rata pengembang Android Market memasok 4.1 aplikasi. Dibandingkan dengan tahun 2010 memang terjadi penurunan, karena pada tahun ini rata-rata pengembang aplikasi memasok 5 aplikasi.

Jumlah aplikasi di Android Market tampaknya membayangi Appple. Melalui iTunes App Store, Apple memiliki sekitar 500 ribu aplikasi. Sementara Microsoft's Windows Phone Marketplace memiliki sekitar 50,000 aplikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement