Jumat 23 Dec 2011 19:33 WIB

Antisipasi Lonjakan Trafik Tahun Baru, Telkomsel Tambah Kapasitas SMS Menjadi 7,2 Miliar per Hari

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi akhir tahun, Telkomsel telah meningkatkan kapasitasjaringan telekomunikasi, baik untuk lalu lintas suara, SMS, maupun data.

Untuk SMS, misalnya, telah ditingkatkan kapasitasnya menjadi 83.750 SMS per detik atau setara dengan 7,2 miliar SMS per hari. Sementara untuk Blackberry telah ditingkatkan kapasitasnya menjadi 5 Gbps (Giga bit per second).

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan bahwa Telkomsel telah menyiapkan seluruh elemen jaringan melalui peningkatan kualitas jaringan terluas dengan kapasitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan pada saat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012.

Untuk Natal dan Tahun baru, layanan suara diperkirakan mencapai 1 miliar menit per hari atau mengalami kenaikan antara 5-10 persen dibandingkan hari normal. Tarfik SMS diperkirakan naik 20-30 persen dibandingkan hari normal menjadi 992 juta SMS.

Kenaikan juga diprediksi pada layanan data yang berkisar pada angka 10-20 persen dibandingkan hari normal menjadi  125 Tera Bytes. Kenaikan tertinggi diprediksi pada layanan MMS. Telkomsel memperkirakan ada kenaikan hingga 80 persen pada layanan ini menjadi 1,1 juta MMS per hari. Pada hari normal trafik MMS tercatat 630 ribu MMS.

Telkomsel, kata Sarwoto, juga telah melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Uji jaringan yang dilakukan kali ini lebih fokus ke penggunaan data, baik itu dengan menggunakan laptop maupun smartphone.

''Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kenyamanan penggunaan jaringan Telkomsel saat melakukan komunikasi data yang telah menjadi kebutuhan pelanggan selular saat ini, terutama pada saat trafik komunikasi data yang sangat tinggi,'' kata Sarwoto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement