Selasa 15 Nov 2011 17:48 WIB

Perusahaan Turki Ciptakan Tablet Raksasa! Ukuran Layarnya 65 Inchi

Tablet raksasa Ardic tengah diujicoba.
Foto: Engadget
Tablet raksasa Ardic tengah diujicoba.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA--Berapa ukuran tablet paling besar sekarang? Kemungkinan, yang paling  umum adalah 10,1 inchi. Kalaupun ada yang hingga 12 inchi dia sudah masuk kategori laptop. Apa yang dilakukan Ardic, perusahaan teknologi informasi asal Turki ini luar biasa. Mereka menciptakan 'tablet' dengan ukuran layar 65 inchi!

Meskipun bukan sepenuhnya tablet. Karena yang mereka ciptakan adalah LCD berukuran 65 inchi tapi dengan dua teknologi menarik. Pertama adalah teknologi dock connector ke tablet yang Anda miliki. Katakanlah jenis iPad atau tablet Android lainnya. Yang biasanya terjadi adalah adanya soket HDMI di tablet untuk transfer visual ke layar lebar dengan resolusi 1080HD.

Yang kedua, inilah yang unik. Layar LCD yang mereka ciptakan itu berteknologi layar sentuh! Tentu saja ketika tablet dihubungkan dengan dock connector ke LCD tersebut, maka VIOLA! Televisi selebar 65 inchi itu berubah menjadi tablet raksasa.

Ardic menjual produknya secara paket. Anda membeli sebuah tablet dengan Android Honeycomb, kartu grafis NVIDIA Tegra 2SoC, 1GB RAM, 16GB flash memory, dual kamera, slot HDMI, USB, microSD, dan jaringan 3G/WIFI plus tentunya layar LCD raksasa mereka.

Dari demonstrasi yang mereka lakukan, bisa disaksikan di YouTube, ternyata tablet raksasa itu responsif. Ia bisa digunakan untuk bermain game, menonton film, mengerjakan tugas. Sama seperti tablet dengan layar 10,1 inchi. Tidak ada 'lag' atau jeda antara perintah di layar tablet 10'1 inchi dengan layar 65 inchinya.

Ardic menargetkan teknologi mereka bisa masuk ke sekolah-sekolah di Turki. Sebagai pengganti papan tulis. Ke depan, Ardic berharap bisa menyambungkan teknologi di telepon genggam dengan layar lebar tersebut.

sumber : Engadget
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement