Rabu 09 Nov 2011 01:09 WIB

Nvidia SegeravRilis Tegra 3

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Nvidia Corp, buru-buru memperluas teritori kekuasaannya di pasar tablet dan ponsel pintar dengan meluncurkan prosesor barunya Tegra 3 yang performa grafisnya tiga kali lebih cepat dibanding pendahulunya dan memakan energi 60 persen lebih hemat.

'Chip' quad-core terbaru yang semula disembunyikan dalam sandi "Project Kal-El" ini masih dalam tahap produksi.

Prosesor terbaru ini juga pertaruhan terakhir Nvidia dalam upaya memperluas pasar mobile yang tumbuh sangat cepat setelah tablet-tablet seperto iPad buatan Apple Inc memangsa penjualan komputer pribadi (PC).

Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California yang memulai bisnisnya dengan membuat 'chip' grafis untuk PC dan masih menggantungkan sebagian besar pendapatnya dari sektor ini memperkirakan perangkat-perangkat yang menggunakan prosesor baru ini akan dijual akhir tahun ini, demikian CEO Jen-Hsun Huang kepada para analis dalam satu konfrensi di bulan September.

Awal tahun 2011, prosesor mobile Tegra 2 buatan Nvidia yang didasarkan pada arsitektur yang berlisensikan ARM Holdings dari Inggris, dimasukkan ke sejumlah gadget baru dari Samsung Electronics, Asustek Computer Inc dan LG Electronics sehingga meningkatkan reputasi Nvidia di kalangan investors seperti pula kinerja harga sahamnya.

Tablet pertama yang menggunakan 'chip' Tegra 3 adalah Eee Pad Transformer Prime dari Asustek, demikian Nvidia dalam satu pernyataannya seperti dikutip Reuters.

Arsitektur cip peresap energi buatan ARM ini menjadi pilihan utama perangkat-perangkat mobile yang tergantung pada baterai dan juga digunakan oleh  Qualcomm Inc dan Texas Instruments Inc.

Sejauh ini Intel Corp gagal mendapatkan landasan di pasar mobile dan bergegas mengadaptasi arsitektur chipnya yang aslinya dirancang untuk menciptakan PC yang tangguh yang secara efisien bisa nempel di ponsel pintar dan tablet.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement