REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pertumbuhan layanan data berhasil meningkatkan pendapatan XL hingga delapan persen pada triwulan ketiga tahun 2011 dibandingkan periode yang sama tahun 2010. Pada periode ini XL membukukan pendapatan Rp 13,96 triliun.
Melalui fokus terhadap layanan data, kontribusi pendapatan non percakapan telah meningkat mendekati 50 persen terhadap total pendapatan dari penggunaan pelanggan. Laba sebelum bunga, pajak, penyusutan, dan amortisasi (EBITDA) meningkat sebesar 3 persen YoY menjadi Rp 7 triliun dengan marjin 50 persen, sedangkan laba bersih meningkat 5 persen menjadi Rp 2,2 triliun untuk periode 9 bulan yang berakhir 30 September 2011.
Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi menyatakan, fokus secara konsisten terhadap perkembangan layanan data berkontribusi pada peningkatan pendapatan layanan data sebesar 50 persen. ''Saat ini,pengguna layanan data kami telah mencapai lebih dari separuh jumlah pelanggan kami,” kata Hasnul.
“Dengan adanya peningkatan minat terhadap penggunaan layanan data, kami telah mempercepat pembangunan infrastruktur. XL berkomitmen untuk menyediakan jaringan yang dapat diandalkan dan berkualitas bagi pelanggan kami”, tambah Hasnul.
Dalam kurun waktu 1 tahun, XL telah menyelesaikan penambahan jaringan 3G Node B (BTS untuk 3G) sebesar 61 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 3.952 pada akhir September 2011 sehingga total BTS secara nasional untuk 2G dan 3G mencapai 26.245. Hal ini juga didukung oleh Jaringan Utama XL yang modern, backbone maupun backhaul dengan cakupan nasional dimana lebih dari 50 persen Node B sudah menggunakan koneksi IP.
XL berencana untuk mengeluarkan sekitar Rp 6 triliun untuk pembelanjaan modal di tahun 2011, dimana lebih dari separuhnya akan ditujukan untuk bisnis layanan data dan akan dibiayai secara internal. Sampai dengan akhir September 2011, XL telah membayar belanja modal sebesar Rp 4,1 triliun.
Inisiatif dari XL untuk mendorong penggunaan layanan data juga terlihat melalui pengadaan portal goKlik yang telah menarik minat pelanggan XL secara signifikan sehingga pada akhir September 2011, goKlik telah diakses lebih dari 21 juta pelanggan.
Portal ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh pelanggan yang menggunakan ponsel berkemampuan akses layanan data sehingga semakin menarik minat pelanggan. Penggunaan layanan data telah tumbuh sangat cepat dengan trafik data meningkat sebesar 278% dari 1,7 Petabyte menjadi 6,5 Petabyte dalam kurun waktu setahun dan pengguna layanan data telah mencapai 24,1 juta.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis layanan data, XL juga melakukan restrukturisasi organisasi menuju organisasi berbasis data dengan penekanan kepada service management untuk mendorong kinerja yang lebih baik. Telah dibentuk organisasi tersendiri yang didedikasikan khusus untuk layanan mobile data dan new business.
Selain itu juga, telah dibentuk suatu unit baru untuk service management dengan tujuan agar dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan dari awal hingga akhir, termasuk penyediaan jaringan yang dapat diandalkan dan berkualitas baik serta memperkaya pelayanan yang diberikan.
Hasnul Suhaimi mengatakan, memiliki jaringan yang ektensif dinilai belum cukup. '' Pelanggan kami membutuhkan pengalaman layanan yang lebih baik secara keseluruhan sedangkan dinamika bisnis layanan data juga perlu didukung oleh organisasi yang siap untuk menyongsong masa depa,” katanya.