Kamis 08 Sep 2011 18:57 WIB

Gandeng Huawei, Axis akan Bangun 5.000 BTS Baru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Axis Huawei, untuk memperluas jaringan mobile broadband di Indonesia. Melalui kerjasama ini akan dibangun sekitar 5.000 BTS baru.

Chief Technology Officer Axis, Michael McPhail, di Jakarta, Kamis, mengatakan, pihaknya akan meningkatkan jaringannya secara signifikan, memperluas jangkauan layanan 2G dua kali lipat dan secara agresif menerapkan teknologi terkini untuk menghadirkan layanan mobile broadband bagi konsumennya.

"Kami telah menunjuk Huawei, sebagai mitra untuk melakukan ekspansi dalam skala besar dan peningkatan jaringan," katanya. Perjanjian antara kedua perusahaan ditandatangani di Jakarta, Kamis, sebagai tanda diresmikannya kerjasama tersebut.

Dalam perjanjian tersebut, Huawei akan membangun solusi jaringan bagi Axis, memperluas jaringan melalui pembangunan 5.000 BTS.

Dari jumlah itu, sebanyak lebih dari 4.000 BTS di antaranya adalah 3G dan dilengkapi dengan HSPA untuk dapat menghadirkan layanan data dan mobile broadband yang lebih baik, termasuk layanan suara dengan kualitas terbaik.

"Kerja sama ini memperkuat komitmen kami untuk menyediakan jaringan dengan kualitas tinggi, sehingga dapat menghadirkan layanan mobile broadband dan suara yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Operator itu telah menyatakan melalui kerjasama strategis itu akan terus menghadirkan layanan terbaik yang dapat ditawarkan oleh teknologi seluler. "Saat proyek ini diselesaikan, jaringan kami akan dilengkapi dengan teknologi jaringan seluler terkini dari Huawei," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menggunakan teknologi HSPA di lebih dari 45 persen BTS-nya serta menawarkan layanan mobile broadband dengan kecepatan hingga 42 Mbps, di wilayah-wilayah utama.

Namun demikian, untuk dapat mencapai kecepatan maksimum itu, operator tersebut membutuhkan spektrum 3G blok kedua sehingga dapat memberikan layanan tersebut bagi pelanggannya.

Chief Executive Officer AXIS, Erik Aas, menambahkan, kerja sama itu akan memungkinkan pihaknya mengembangkan usaha dan tetap memimpin pasar dalam hal keterjangkauan serta menghadirkan penawaran yang bernilai.

"Kami telah siap untuk melakukan ekspansi dalam layanan mobile broadband dan meningkatkan wilayah jangkauannya secara nasional. Pembiayaan yang baru saja kami terima akan mendukung penuh rencana ekspansi kami untuk beberapa tahun ke depan, dan kami telah siap untuk meningkatkan market share dan pendapatan perusahaan".

CEO PT. Huawei Tech Investment, Li Wenzhi, menyatakan siap menjadi mitra dalam kerja sama itu. "Kami siap menghadirkan solusi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan mobile broadband, yang pada akhirnya juga mendukung kesuksesan bisnis di Indonesia," katanya.

Huawei telah menjadi mitra strategis Axis sejak perusahaan meluncurkan layanannya pada tahun 2008.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement