Rabu 07 Sep 2011 20:43 WIB

Lebaran, Indosat Kirim 958 Juta SMS

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jumlah trafik pesan pendek atau SMS Indosat selama H-Lebaran naik 33 persen menjadi 958 juta dibanding hari biasa.

"Selain SMS, peningkatan trafik juga terjadi di hampir semua layanan baik suara ("voice"), maupun data. Namun, yang tertinggi adalah SMS," ujar Director and Chief Technology Officer PT Indosat Tbk Hans C. Moritz di Jakarta, Rabu.

Dia menyatakan, kenaikan trafik suara tertinggi terjadi pada H-1 sebesar 412,3 juta menit atau naik 28,2 persen dibanding trafik hari biasa. Sementara untuk trafik komunikasi data mencapai 29,33 terabyte/hari atau melonjak 13,5 persen dibanding trafik hari biasa.

Dia menilai, jaringan telekomunikasi Indosat sukses melayani pelanggan dengan baik selama masa mudik dan Lebaran 2011. Buktinya, Indosat mampu melayani peningkatkan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan.

Menurut Hans, kesiapan jaringan dengan peningkatan kapasitas baik suara, SMS maupun data yang telah dipersiapkan jauh hari, berhasil mengantisipasi lonjakan trafik, sehingga pelanggan Indosat dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman dan lancar.

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi, khususnya untuk suara, Hans menyatakan, Indosat meningkatkan kapasitasnya menjadi 14 juta Erlang/hari.

Sementara untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,2 miliar SMS/hari dan untuk data meningkat menjadi 100 terabyte/hari.

"Kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dalam situasi apapun merupakan prioritas kami. Masa-masa terjadinya lonjakan trafik menjadi perhatian kami agar pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan lancar selama masa mudik dan Lebaran 2011," kata dia.

Dia menambahkan, tingkat keberhasilan pengiriman SMS antarpelanggan Indosat mencapai lebih dari 97,7 persen dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antaroperator mencapai sekitar 97,2 persen.

Ini berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan Indosat maupun eksternal ke operator lain.

"Sementara tingkat keberhasilan panggilan suara mencapai lebih dari 90 persen dan data mencapai lebih dari 99 persen," tukas dia.

Kenaikan trafik telekomunikasi secara umum tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan untuk suara. Sedangkan daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Timur merupakan wilayah yang mengalami kenaikan trafik SMS tertinggi.

"Keberhasilan kami melewati masa sibuk trafik telekomunikasi ini juga tidak lepas dari dukungan SDM yang berada di Tim Jaringan dengan pemantauan performansi jaringan melalui Lebaran Command Center sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara Nasional, yang mulai beroperasi pada tanggal 27 Agustus - 1 September 2011 selama 24 jam," papar dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement