Ahad 04 Sep 2011 18:30 WIB

Trafik Data Lebaran Telkomsel Capai 101 Terabyte

 Antisipasi Lonjakan Traffic : Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarnodidampingi Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Harjono melakukan teleconference dengan 10 kantor regional Telkomsel di Indonesia untuk mengetahui persiapan akhir
Antisipasi Lonjakan Traffic : Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarnodidampingi Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Harjono melakukan teleconference dengan 10 kantor regional Telkomsel di Indonesia untuk mengetahui persiapan akhir

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Makin banyak saja pengguna seluler yang menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri menggunakan layanan data non SMS, seperti imel, messenger atau memanfaatkan jejaring sosial. Fenomena ini, tak urung menggeser peran SMS yang sebelumnya dominan.

Fenomena ini, antara lain, tercermin dari peningkatan trafik komunikasi saat lebaran di Telkomsel. Telkomsel mencatat melonjaknya trafik data yang meningkat hingga 101 terabyte atau meningkat 33 persen dibandingkan trafik di hari normal.

Peningkatan juga terjadi pada layanan BlackBerry Telkomsel yang mencakup aplikasi chatting, browsing, dan social media juga meningkat hingga 2.3 Gbps, dibandingkan hari normal yang mencapai 1.9 Gbps.

Peningkatan trafik data di periode lebaran, patut diduga, salah satunya disebabkan karena semakin banyak pelanggan Telkomsel yang mengucapkan "Selamat Hari Raya dan mohon maaf lahir batin" melalui akses video streaming maupun jejaring sosial semisal Facebook dan Twitter

Sekalipun trafik data mengalami peningkatan, layanan seperti SMS dan MMS juga mencatat peningkatan. Layanan SMS (short message service) yang mencapai 1,2 miliar SMS atau meningkat 39 persen dari jumlah SMS di hari normal yang berkisar 864 juta SMS per hari.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, tingginya pemanfaatan layanan data di saat lebaran merupakan wujud tingginya kepercayaan pelanggan terhadap kualitas dan kapasitas jaringan broadband Telkomsel. '' Keberhasilan ini merupakan kunci untuk mendukung kesuksesan bisnis mobile broadband sekaligus menjadi landasan untuk mewujudkan Telkomsel sebagai pemimpin di era beyond telecommunications," kata Sarwoto.

Selain layanan data, peningkatan trafik juga terjadi pada layanan SMS yang mengalami lonjakan sebesar 39 persen menjadi 1,2 miliar SMS per hari. Kenaikan trafik SMS mulai terjadi pada tanggal 29 Agustus (924 juta), H-1 lebaran tanggal 30 Agustus (1,2 miliar), lalu Hari H lebaran tanggal 31 Agustus (967 juta).

Tercatat 99,63 persen dari semua SMS yang dikirim pelanggan Telkomsel saat Idul Fitri sukses sampai di nomor penerima, di mana 85,63 persen di antaranya tiba dalam waktu tidak lebih dari 30 detik. Lonjakan trafik SMS tersebut telah diantisipasi Telkomsel dengan meningkatkan kapasitas dari 80.000 SMS per detik pada lebaran tahun lalu, menjadi sanggup memproses 83.750 SMS per detik di lebaran tahun ini.

Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelepon (voice) juga mengalami kenaikan, di mana trafik yang sukses dilayani sebesar 1,03 miliar menit atau meningkat 3 persen dibanding trafik suara pada hari normal yang berkisar 1 miliar menit.

Secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan saat lebaran tahun 2011. Hal ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan lonjakan trafik komunikasi yang umumnya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru.

Telkomsel juga telah menyiapkan tim TELKOMSELsiaga yang bertugas mulai H-7 hingga H+7 guna memastikan seluruh rangkaian penyiapan jaringan ini benar-benar berjalan sesuai rencana sehingga kenyamanan berkomunikasi selama mudik dan lebaran tetap terjaga.

"Berkat semua persiapan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang kami lakukan, tahun ini lalu lintas data, voice, dan SMS di periode lebaran terasa lancar sehingga pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman tanpa banyak terjadi gangguan. Hal ini membuktikan bahwa upaya Telkomsel dalam menghadirkan layanan berkualitas baik dari sisi jaringan dan layanan melalui program TELKOMSELsiaga 2011, telah direspon positif dan dimanfaatkan oleh pelanggan secara optimal," tambah Sarwoto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement