Jumat 26 Aug 2011 17:57 WIB

XL Lakukan Modernisasi Jaringan di Sumatera Utara

Seorang pel;anggan menikmati layanan XL
Seorang pel;anggan menikmati layanan XL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL berhasil menyelesaikan modernisasi infrastruktur di Sumatera Utara. Pada program ini, XL melakukan modernisasi jaringan, mengubah perangkat yang canggih dan efisien dari segi spesifikasi, sampai konsumsi energi.

Vice President XL West Region, Agus Simorangkir mengatakan, XL terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan telekomunikasi. Inovasi yang berlangsung cepat dapat menumbuhkan pasar persaingan.

“Inovasi  dalam jaringan sangat perlu. Saat ini voice dan sms sudah kurang popular di dunia seluler, data menjadi lebih relevan. Dengan meningkatnya permintaan layanan data di Sumatera Utara khususnya di Medan, menjadi alasan bagi XL untuk melakukan modernisasi jaringan. Salah satunya perubahan beralih ke perangkat jaringan dari model yang lama menjadi lebih canggih dan tentunya,” terangnya.

Agus Simorangkir menambahkan, modernisasi tahap II yang telah berlangsung antara tanggal 8 - 21 Agustus 2011 ini juga dilakukan penambahan transmisi dari model TDM (Time Division Multiplexing) ke sistem IP (Internet Protokol). Sehingga akses datanya lebih cepat dan bandwidth lebih luas lagi.

”Kami berharap, selesainya modernisasi jaringan tahap II ini akan mampu mengantisipasi perkembangan ke depan, terutama di Medan yang permintaan layanan datanya  bertumbuh sangat cepat. Tentu saja dengan modernisasi ini, penambahan kapasitas jaringan akan semakin terpenuhi dalam menghadapi pertumbuhan pelanggan ke depan,” katanya.

Modernisasi tahap II ini dilakukan pada 40 BTS di Kota Medan dan 66 BTS yang tersebar di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Sidempuan, Padang Lawas Utara dan Madina. Sedangkan penambahan 3G di Kota Medan ada 10 dan di Padang Sidempuan  ada 6 buah 3G. Khusus di kota Medan, saat ini perbandingan 3G sudah 1 berbanding 1, dimana ada BTS 2G, di sana juga terdapat 3G.

Perangkat-perangkat jaringan baru yang akan dipakai oleh XL juga bersifat ramah lingkungan. Perangkat baru ini memerlukan konsumsi daya yang lebih rendah, ukuran yang lebih kecil, juga mengadopsi konsep ”Single RAN”, yang bisa menggabungkan beberapa tipe BTS menjadi hanya satu BTS saja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement