Selasa 23 Aug 2011 16:33 WIB

Yahoo Search Trend: Informasi Seputar Mudik Paling Dicari

Logo Yahoo
Logo Yahoo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Informasi mengenai masjid tertua, rupanya banyak dicari pada Ramadhan tahun ini. Pencarian informasi mengenai masjid tertua mengalami peningkatan hingga 100 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut Editorial Manager, Search Content Analysis Yahoo! Asia Tenggara, India dan Amerika Serikat, Zul Rejab, menyatakan berdasar riset Yahoo! Search Trends mengungkapkan keingintahuan masyarakat Indonesia akan kebudayaan cukup tinggi.

''Diantara informasi seputar Ramadan yang paling dicari adalah masjid tertua (meningkat hampir 100 ribu persen) dan pencarian spesifik terhadap masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.” kata Zul Rejab dalam keterangannya Selasa (23/8).

Pada Ramadhan tahun ini informasi seputar mudik, diperkirakan akan banyak dicari. Selain berita seputar mudik, Yahoo! Search Trends memprediksi informasi mengenai kegiatan ibadah, para pemuka agama, makanan dan informasi umum seputar Ramadan merupakan informasi utama yang banyak dicari.

Pencarian Teratas Yahoo! Search Trends selama Ramadan adalah:

Berita Mudik: Pencarian untuk kata kunci “mudik lebaran”, “persiapan mudik”, “mudik gratis 2011” menjadi yang paling terlihat pada pencarian Yahoo! musim ini. Pencarian untuk “persiapan mudik” menjadi yang tertinggi untuk berita terkait mudik

Makanan: Masyarakat Indonesia mencari menu makanan, resep masakan/puding dan juga kue tradisional. Peningkatan tertinggi adalah untuk menu buka puasa dan sahur (48.6 persen).

 

Ritual selama Ramadan mencatat lonjakan tertinggi terlihat pada pencarian seputar masjid tua.

 

Pencarian seputar buka puasa seperti jadwal berbuka, jadwal shalat dan manfaat puasa adalah informasi yang juga aktif dicari. Pencarian lain yang menarik adalah tentang “buka puasa bersama” dan kalendar Ramadan.

Pakaian dan Musik: Sisi penuh gaya dari masyarakat Indonesia juga tercermin pada pencarian di Yahoo! dengan kata kunci seperti “jilbab modis” dan “model baju lebaran” yang menarik banyak perhatian. Lonjakan besar terlihat pula pada tayangan televisi “ovj sahur” (96.200%).

 

Pencarian tentang pemuka agama terkenal, isu mengenai tayangan adzan di sebuah televisi yang menampilkan iklan serta keluhan THR menjadi hal yang paling diingat masyarakat Indonesia selama Ramadan.

Sementara itu di Singapura, Yahoo! mengamati minat seputar kartu ucapan Ramadan, bazaar, barang-barang, jadwal buka puasa, musik dan dekorasi. Program televisi “Ketuk Ketuk” menarik banyak minat dengan lonjakan 1.800 persen. Yahoo! Singapore juga mengamati lonjakan minat tentang kontroversi seputar iklan Ramadan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement