Sabtu 13 Aug 2011 18:48 WIB

Trafik Komunikasi Lebaran Diperkirakan Naik Hingga 35 Persen

Menara Komunikasi Telkomsel
Foto: ANTARA
Menara Komunikasi Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mengantisipasi kenaikan trafik komunikasi pada Idul Fitri 1432 H, Telkomsel telah melakukan peningkatan kapasitas dan optimalisasi seluruh elemen jaringan.

''Kenaikan trafik komunikasi pada Idul Fitri 1432 H diperkirakan mencapai sekitar 35 persen. Kenaikan tertinggi terjadi pada layanan suara dan MMS,'' kata GM Corporate Communication Telkomsel, Ricardo Indra di Jakarta, Sabtu (13/8).

Menurut Indra, tarfik SMS akan mengalami peningkatan 10-20 persen menjadi sekitar 1,1 miliar hingga 1,2 miliar per hari. ''Lebaran lalu trafik SMS mencapai 810 juta, trafik harian sekitar 1 miliar SMS,'' kata Indra.

Untuk layanan MMS diperkirakan akan mengalami kenaikan 25-35 persen menjadi 1,31 juta MMS per hari. Trafik harian layanan ini sekitar 1,31 juta MMS.

Kenaikan tertinggi diperkirakan juga akan terjadi pada layanan kenaikan suara yakni berkisar antara 25-35 persen. Trafik komunikasi suara diperkirakan mencapai 1,37 miliar menit. Pada kondisi normal trafik komunikasi suara mencapai 1,1 miliar menit.

Kenaikan juga akan terjadi pada layanan data sekitar 10-20 persen. Trafik data harian mencapai 80 terabyte. Mengantisipasi kenaikan Telkomsel menyediakan kapasitas data hingga 99 terabyte.

''Untuk kenyamanan layanan mobile broadband, Telkomsel juga telah meningkatkan kapasitas jaringan data hingga 17 Gbps,'' kata Indra.

Memperhatikan tren kenaikan trafik komunikasi, kata Indra, Telkomsel telah meningkatkan kapasitas dan melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan. ''Kami siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi lebaran,'' ujar Indra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement