Kamis 11 Aug 2011 11:18 WIB

Belum Juga Diluncurkan, iPhone 5 Sudah Dijiplak dan Dijual di Cina

iPhone - Apple
iPhone - Apple

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI - Versi terbaru dari iPhone populer Apple Inc telahmengguncang pasar Cina. Ponsel yang dilabel sebagai HiPhone 5 ini diyakini merupakan jiplakan iPhone 5 dan dijual di situs resmi Taobao yang dimiliki jaringan Alibaba Group. Harga yang dibanderol sebanyak 200 yuan (31 dolar AS).

Asal tahu saja, iPhone asli di Cina dijual pada kisaran harga 800 yuan.  

Menurut harian Metro Ekspres yang terbit di Cina,  HiPhone 5 seperti penyempurna produk iPhone 4; lebih tipis dan dengan tepi kurang bulat dari iPhone 4. Juga, sangat ringan, hampir seperti mainan plastik, seperti kebanyakan ponsel bajakan, tulis media ini.

Pemerintah Barat telah berulang kali mengkritik Cina untuk pelanggaran luas hak kekayaan intelektual. Tetapi barang bajakan mulai dari jam tangan bermerek,  tas, hingga perangkat lunak komputer dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko di berbagai kota di Cina.

Bulan lalu, seorang blogger Amerika menuai polemik saat memposting gambar Apple Store  palsu di Kunming, yang juga menjual tiruan semua produk Apple, mulai dari iPhone hingga MacBook.

Reuters juga menemukan sebuah tampilan furnitur persis sama seperti produk Ikea asal Swedia di kota barat daya Cina.

Apel, yang baru akan meluncurkan versi terbaru smartphone iPhone 5 dalam beberapa bulan, menjual 20.340.000 unit versi lama selama kuartal terakhir.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement