Rabu 10 Aug 2011 14:15 WIB

Antisipasi Lonjakan Trafik, TelkomFlexi Gandakan Kapasitas Data

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Divisi Flexi melipatgandakan kapasitas jaringan data untuk mengantisipasi lonjakan trafik data pada masa Lebaran tahun ini.

General Manager Network Service Telkom Flexi Area Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara, Ketut Budi Utomo, di Surabaya Rabu mengatakan, selain pengiriman pesan singkat (SMS), tren pemakaian data terus mengalami kenaikan signifikan dari tahun ke tahun.

"Pada Lebaran 2007 dan 2008, SMS masih menjadi andalan pelanggan untuk menyampaikan ucapan Idul Fitri. Tapi, dua tahun terakhir mulai bergeser menggunakan situs jaringan sosial, seperti Facebook atau Twitter," ujarnya sebelum "drive test" sinyal di jalur mudik Pulau Madura.

Menurut ia, saat ini kapasitas jaringan data telah dinaikkan dua kali lipat menjadi satu Giga byte per second (Gbps), sehingga pelanggan lebih nyaman menggunakan layanan data.

Sedangkan untuk kapasitas kirim SMS Center juga telah ditingkatkan menjadi delapan juta SMS per jam. "Saat ini okupansinya baru sekitar 30 persen dan lonjakan trafik SMS biasanya pada malam takbiran," tambah Ketut Budi.

Selain pemakaian data dan pengiriman SMS, ia mengatakan permintaan nomor combo Flexi dari pelanggan yang mudik ke kampung halaman saat Lebaran juga meningkat tajam.

Tahun ini, sebanyak 3,5 juta nomor combo sudah disiapkan dan sekitar satu juta nomor di antaranya dialokasikan untuk wilayah Jatim, Bali dan Nusra.

"Jumlah nomor combo naik sekitar 20 persen dibanding Lebaran tahun lalu, karena jumlah pelanggan Flexi juga meningkat. Kami juga menyiapkan beberapa BTS mobile untuk kenyamanan pemudik di Jatim, terutama pusat keramaian," ujarnya.

Sementara khusus wilayah Madura, Ketut Budi menambahkan bahwa pihaknya telah membangun sekitar 100 menara BTS untuk melayani lebih dari 250 ribu pelanggan dan juga pemudik Lebaran.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement