Sabtu 23 Jul 2011 08:14 WIB

XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik Ramadhan dan Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--XL Axiata memastikan bahwa jaringan yang dimiliki siap menghadapi terjadinya lonjakan trafik selama Ramadhan dan Idul Fitri, utamanya di jalur utama mudik dan kantong-kantong pemudik. Peningkatan trafik komunikasi pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diperkirakan mencapai 35 hingga 40 persen.

Senior VP Service Management XL, Ongki Kurniawan di Semarang Sabtu (23/7) menyatakan bahwa seluruh elemen jaringan XL dalam kondisi prima. ''Dari hasil tes di 16 titik terungkap bahwa kondisi jaringan kami dalam kondisi baik dan siap menghadapi peningkatan trafik selama Ramadhan dan Idul Fitri,'' kata Ongki.

XL sendiri telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Dalam menghadapi lonjakan trafik diantisipasi dengan meningkatkan kecukupan kapasitas serta ketersediaan sinyal. Pihaknyu juga melakukan penguatan sinyal di area publik, seperti bandara dan terminal angkutan umum.

Kapasitas SMS, misalnya, mencapai 59 ribu SMS per detik. ''Kapasitas yang tersedia masih cukup, karena utulity-nya masih dibawah 40 persen,'' kata Ongki.

Untuk voice dilakukan penambahan kapasitas sebanyak 1 mio Erlang. Sebagaimana SMS, kata Ongki, Utilitas layanan suara juga masih rendah. ''Masih dibawah angka 60 persen,'' ujar Ongkl kemudian.

Kapasitas data juga telah ditingkatkan sedemikian rupa. '' Patokan kita pada utilitas. Kalau sudah mencaai level 60 persen secara otomatis akan ditingkatkan kapasitasnya demi kenyamanan pelanggan,'' papar Ongki kemudian.

Dari drive test yang dilakukan, Ongki mengaku bahwa dijumpai beberapa spot. Misalnya di daerah Alas Roban, Batang Jawa Tengah, Waja di daerah Banyumas, kawasan Malabong dan Banjar di Jawa Barat. Spot terjadi karena lokasi berada di daerah perbukitan. ''KIta akan upayakan dengan melakukan penguatan sinyal atau menyediakan Mobile BTS di kawasan spot,'' ujar Ongki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement