Jumat 22 Jul 2011 16:07 WIB

XL Lakukan Uji Jaringan di 15 Kota

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Idul Fitri masih sekitar 40-an hari. Namun XL Axiata telah melakukan serangkaian persiapan. Sepanjang hari Jumat dan Sabtu, XL melakukan uji jaringan di 15 kota sebagai antisipasi terjadinya lonjakan trafik pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Mengantisipasi kenaikan trafik komunikasi, XL telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Selain itu dilakukan drive test (uji jaringan) di jalur utama arus mudik serta kantong-kantong pemudik.

''Kami melakukan drive test dengan menggunakan berbagai moda transportasi, seperti kereta api, kendaraan bermotor hingga jalur penyeberangan ferry Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk,'' kata Senior VP Service Management XL Ongki Kurniawan yang memimpin Drive Test dari KA Argo Muria, Jumat (22/7).

Metode drive test, kata Ongki, menggunakan peralatan dan metode standar yang diakui secara regulasi. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal disepanjang daerah dan jalur yang dilalui. ''Pengukuran kualitas dilakukan baik untuk jaringan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS serta data,'' kata Ongki.

 

Berbicara mengenai peningkatan trafik komunikasi pada Ramadhan dan Idul Fitri, Ongki memprediksi kenaikan voice dan SM diperkirakan antara 30 hingga 40 persen. '' Dua tahun terakhir kecenderugannya seperti itu,'' kata Ongki. Trafik percakapan XL saat ini sekitar 530 juta menit per hari, sementara trafik SMS mencapai 630 juta SMS.

Diperkirakan pada Ramadhan dan Idul Fitri akan terjadi lonjakan pada layanan data. Menurut Ongki pada tiga tahun terakhir terjadi peningkatan pada trafik layanan data seiring dengan makin banyaknya pengguna layanan data. '' Tahun 2009 trafik layanan data baru mencapai 8 TB, saat ini telah mencapai 33 TB atau mengalami peningkatan lebih dari 400 persen,'' kata Ongki.

Merespons peningkatan trafik data, XL telah meningkatkan kapasitas. Untuk layanan Blackberry, misalnya, telah ditingkatkan kapasitas bandwith secara langsung ke RIM dari 1,6 Gbps menjadi 2 Gbps untuk menjamin kenyamanan pelanggan. ''Untuk koneksi tak ada masalah, Blackberry bisa menggunakan jaringan 2G,'' kata Ongki.

Selain itu, XL saat ini juga memiliki bandwith internet ke internasional dengan kapasitas 650 Mbps yang bisa di up grade setiap saat menjadi N x Gbps dan digunakan untuk bermacam keperluan layanan internet, baik untuk pelanggan korporat maupun reguler. XL saat ini memiliki 24 ribu BTS, sekitar 7 ribua diantaranya adalah node B atau BTS 3G.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement