Kamis 21 Jul 2011 15:33 WIB

Telkomsel Siap Geber Layanan 4G LTE di Indonesia

Rep: Siwi Tri Puji B/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Jaringan 4G (Ilustrasi)
Jaringan 4G (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI - Beberapa tahun mendatang, koneksi internet melalui ponsel mungkin akan segera menjadi dongeng masa lalu. Banyak negara kini telah mengaplikasikan teknologi seluler generasi teranyar, atau dikenal dengan Long Term Evolution (LTE) alias 4G.

Operator seluler terbesar Indonesia, Telkomsel, pun menyatakan siap mengaplikasikan teknologi ini. Uji coba infrastruktur yang dilakukan beberapa waktu lalu, menunjukkan hasil signifikan.

"Intinya kami siap menyediakan layanan LTE," kata Pratignyo A Budiman, GM Strategic Technology Planning Telkomsel dalam forum Telkomsel Media Education 2011 di Shanghai. Bahkan Telkomsel telah menggandeng beberapa penyedia infrastruktur jaringan LTE, antara lain Huawei.

Apa keunggulan LTE? Teknologi ini tak hanya memungkinkan fungsi komunikasi teleponi menjadi lancar, tapi juga komunikasi data kualitas tinggi. Spesifikasi ini memungkinkan layanan multimedia beresolusi tinggi, interaksi multi-user, dan bervideo high definition dengan lancar dan real time.

"Gambaran mudahnya, bisa bervideo call seperti berkomunikasi tatap muka. Kapan layanan 4G LTE bisa diterapkan di Indonesia? Semua tergantung pada regulator yaitu pemerintah. Ia berharap pada akhir tahun 2012 atau pada awal tahun 2013 sudah bisa dinikmati seluruh pelanggannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement