Kamis 30 Jun 2011 21:10 WIB

Kanada Kembangkan Lebah Madu Tahan Pestisida

Lebah Madu
Lebah Madu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kematian massal lebah madu di sejumlah wilayah di dunia mendorong dua universitas di Kanada untuk mengembangbiakkan lebah madu yang tahan atau resisten terhadap pestisida dan penyakit.

Universitas Guelph dan Manitoba akan mencoba melakukan program pemuliaan lebah melalui seleksi genetika.

Program itu juga akan menyeleksi produk-produk baru pestisida dan pengendalian penyakit, serta mencoba menghasilkan cara baru dalam mengelola penyerbukan koloni yang menghadapi sejumlah risiko termasuk parasit, infeksi bakteri dan pestisida yang dihasilkan dari dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan.

Ottawa memberikan dana 244.000 dolar kepada Asosiasi Pelestari Lebah Ontario untuk berpartisipasi dalam proyek itu.

Tujuan program itu adalah membantu pelestari lebah menyelamatkan panen madu secara berkelanjutan dan memberikan layanan penyebukan bagi industri sayuran dan buah.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah koloni lebah madu menurun 10 hingga 30 persen di Eropa, 30 persen di Amerika Serikat, dan hingga 85 persen di Timur Tengah.

Lebah madu penting bagi pertanian global karena lebah tersebut melakukan penyerbukan terhadap lebih dari 100 tanaman yang berbeda, yang mewakili hingga 83 miliar dolar nilai tanaman di seluruh dunia setiap tahun serta sepertiga dari makanan manusia.

"Kami mencari lebah (untuk program pemuliaan) yang resisten terhadap tungau dan memiliki tolerasi yang lebih besar terhadap virus karena hal itu tampaknya menjadi dua faktor utama di balik penurunan koloni lebah," kata Rob Currie, guru besar entomologi pada Universitas Manitoba di Winnipeg, kepada AFP.

"Kami berharap dapat melestarikan lebah kami dengan membuat mereka semakin kuat," katanya. Currie mengatakan universitas berhasil menahan penurunan lebah menjadi 40 persen dalam uji coba memaparkan mereka terhadap penyakit, lebih rendah dari sebelumnya yang mencapai 75 persen.

"Ini bukan keberhasilan total, tetapi ini kemajuan signifikan dan memberikan banyak perbedaan secara ekonomi," katanya.

Di Ontario, juru bicara pelestari lebah Les Eccles mengatakan, sebagai bagian dari riset itu, kelompoknya akan menganekaragamkan jenis dan jumlah makanan untuk lebah, serta cara memindahkan lebah ke pertanian di seluruh Kanada untuk penyerbukan, sebagai upaya mengetahui cara terbaik untuk memelihara lebah tersebut.

sumber : antara,afp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement