Sabtu 30 Apr 2011 22:56 WIB

Sharp Raih Platinum Top Brand Award

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Sharp kembali meraih dua penghargaan Top Brand Platinum Award periode 2000-2011. Selama 9 tahun berturut-turut Sharp telah memenangkan penghargaan pada kategori Televisi dan Lemari Es (2003-2011).

Top Brand merupakan wujud pengakuan dari konsumen terhadap sebuah merek, karena Top Brand merupakan hasil survei yang dilakukan terhadap konsumen dari hasil survey berskala nasional yang dilakukan Frontier Consulting Group bekerjasama dengan majalah Marketing.

Survei dilakukan di 6 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar) dengan melibatkan 3.600 responden di Indonesia sebagai produk unggulan. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data.

Pemenang Top Brand dipilih berdasarkan hasil survei yang melibatkan tiga komponen yaitu, Mind Share (berdasarkan ‘top of mind’), Market Share (berdasarkan ‘last usage’), dan Commitment Share (berdasarkan ‘future intention’).

Dari ketiga komponen tadi, Frontier Consulting akan menentukan Top Brand Index (TBI). Skor TBI dihitung berdasarkan rata-rata ketiga komponen tersebut, di mana sebelumnya telah dilakukan pembobotan terlebih dahulu. Pembobotannya dilakukan berdasarkan expert judgement. Riset tersebut telah dilaksanakan selama 11 tahun kebelakang (2000 – 2011).

Top Brand Platinum Award hanya diberikan kepada merek-merek top yang telah menduduki posisi puncak selama minimal 8 tahun. Top Brand Platinum Award adalah simbol keperkasaan merek terpilih peraih Top Brand yang terbukti mampu mempertahankan prestasinya selama bertahun-tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement