Rabu 20 Apr 2011 20:49 WIB

SK Telecom Rilis Layanan Komersial LTE/4G Pertama di Korea Selatan

Ujicoba layanan LTE
Foto: sk telecom
Ujicoba layanan LTE

REPUBLIKA.CO.ID,SK Telecom, berencana menggelar layanan komersial long term evolution (LTE) pada Juli mendatang. Tahap awal, layanan baru bisa dinikmati di ibukota Korea Selatan, Seoul.

Ujicoba pra komersial layanan ini telah dilakukan SK Telecom mulai hari Selasa (20/4). Pada layanan ini, LTE memang baru bisa dinikmati untuk layanan internet berkecepatan sangat tinggi menggunakan USB modem.

Dari ujicoba itu, SK Telecom mengklaim mampu menghadirkan layanan internet lima hingga tujuh kali lebih cepat dari jaringan 3G. Sekadar ilustrasi, untuk mengunduh konten video dengan kapasitas sekitar 800 MB, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 menit 25 detik saja.

SK Telecom sendiri memastikan bahwa layanan LTE akan bisa dinikmati dengan smartphone atau tablet pada pertengahan semester kedua tahun ini. SK Telecom berencana memperluas layanan ke 23 kota yang lain di Korea Selatan. Coverage nasional yang menjangkau 82 kota diharapkan bisa direalisasikan pada tahun 2013.

Lebih dari sekadar mengimplementasikan layanan berbasis LTE--salah satu rumpun teknologi seluler generasi ke empat (4G), SK Telecom juga berencana melakukan upgrade teknologi LTE dengan mengimplementasikan up grade jaringan LTE ke LTA advance (LTE A).

Kehadiran LTE diharapkan mampu memberikan dukungan yang penuh terhadap peningkatan akan kebutuhan jaringan berkualitas untuk layanan berbasis high definition dan games multiplayer.

SK Telecom menyatakan dengan memanfaatkan frekuensi 10 MHz, jaringan LTE yang dimiliki dapat menghandle trafik data dan komunikasi hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan jaringan eksisting 3G yang telah dimiliki.

 

Pada jaringan LTE, SK Telecom memanfaatkan teknologi jaringan berbasis cloud yang disebut dengan Smart Cloud Access Network (SCAN). Suatu teknologi yang diklaim mampu menghandel trafik mobile data secara lebih fleksibel di berbagai daerah dan rentang waktu.

Jaringan yang memanfaatkan frekuensi 800 Mhz itu juga memiliki fitur Coordinated Multi-Point (CoMP), suatu teknologi yang dinilai mampu mencegah terjadinya interference di base station dan menghindari terjadinya sambungan terputus tiba-tiba.

Untuk kawasan tertentu, seperti underground dan indoor, SK Telecom menyiapkan Femto LTE.

sumber : gsma bussines briefing
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement