Selasa 29 Mar 2011 17:20 WIB

Singtel VMware Kembangkan Cloud Computing Hibrid

REPUBLIKA.CO.ID,Singapore Telecommunications Limited (SingTel) dan VMware meluncurkan layanan SingTel PowerON Compute. Layanan berbasis VMware vCloud® Datacenter Services ini menawarkan cloud computing hibrid.

SingTel PowerON Compute diklaim sebagai terobosan bagi enterprise dalam memberdayakan sumber daya TI, karena mampu menekan biaya operasional hingga 73 persen. Layanan ini memungkinkan perusahaan mengembangkan sumber daya komputasinya dari infrastruktur cloud privat ke lingkungan cloud publik yang aman, tanpa perlu direpotkan dengan proses instalasi dan konfigurasi ulang peranti lunak aplikasi.  

Pada konsep ini, suatu perusahaan bisa mengaktivasi layanan tersebut secara real-time melalui satu portal online yang mudah digunakan. Jaringan IP SingTel juga menawarkan fleksibilitas bagi pelanggan untuk mengakses aplikasi dan layanan mereka dari berbagai lokasi di kawasan Asia Pasifik, dengan pengalaman pengguna dan keamanan kelas enterprise yang sama, di mana pun mereka berada.

VMware dan SingTel memiliki pendekatan cloud computing berbeda daripada yang selama ini dipercayai industri, yakni “satu cloud untuk semua kebutuhan. Pendekatan VMware dan SingTel lebih customer-centric – yakni berorientasi pada pelanggan - memperhatikan kebutuhan bisnis  yang unik di setiap perusahaan. Selain khusus, pendekatan ini bertujuan memberdayakan investasi TI perusahaan yang sudah dibelanjakan saat ini.

VMware dan SingTel meyakini bahwa migrasi ke Awan harus dilakukan secara bertahap, dan bukanlah perubahan menyeluruh, serta menawarkan fleksibilitas untuk menggunakan sumber daya di luar atau di dalam perusahaan dengan cara yang sangat aman.

   

“Melalui kerja sama dengan VMware, perusahaan yang menggunakan PowerON Compute di kawasan ini bisa mengaktifkan sumber daya mereka seperti menyalakan air dari keran. PowerOn Compute memungkinkan perusahaan memindahkan operasionalnya ke cloud hibrid, tanpa mengorbankan keamanan, kendali dan kinerja, serta membayar sesuai dengan sumber daya TI yang mereka konsumsi,” kata SingTel’s Executive Vice President of Business Group, Singtel, Bill Chang.

Perusahaan, kata Chang, juga bisa mempertahankan investasi infrastruktur saat ini tanpa mengubah operasional TI. Dengan meningkatkan produktivitas dan menyederhanakan proses. ''Pelanggan kami bisa mendongkrak kesigapan bisnis, fokus pada aktivitas bisnis kunci sekaligus menekan biaya secara signifikan, ” kata Chang.

Menurut Paul Maritz, CEO VMware, SingTel PowerON Compute ini dikembangkan berdasarkan janji VMware kepada pelanggan untuk menyediakan sumber daya cloud hibrid yang menjadikan TI sebagai layanan kepada pengguna.

''Cloud hibrid menyediakan kebebasan pilihan yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah aplikasi yang bisa dipindahkan dengan mudah antar Awan atau ke peranti apapun, di manapun dan kapanpun,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement