Senin 28 Mar 2011 20:39 WIB

Saatnya Menambah Memori Internal Ponsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para peneliti Skotlandia telah membantu menciptakan sebuah peranti yang mampu memperbesar kapasitas memory berbagai perangkat teknologi mulai dari ponsel pintar, MP3, maupun kamera digital.

Piranti itu, seperti dikabarkan BBC, mempunyai sebuah lengan mekanis mini untuk mengubah data menjadi sinyal eletrik. Menggunakan peranti itu perangkat genggam alias 'handset' bekerja semakin cepat dan menghemat lebih banyak energi ketimbang memori biasa.

Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian itu berasal dari Universitas Edinburgh dan dua universitas dari Korea Selatan yakni Konkuk University dan Seoul National University.

Dalam penelitiannya itu mereka menghitung arus listrik yang melewati nanotube karbon dan nilai binari dari data itu ditentukan oleh sebuah elektroda yang mengendalikan aliran arus listrik.

Percobaan sebelumnya untuk menggunakan transistor nanotube karbon sebagai memory gagal karena tersandung pada rendahnya kecepatan operasi dan daya simpan memory yang singkat.

Dengan menggunakan lengan mekanis untuk mengisi elektroda, yang bisa beroperasi lebih cepat ketimbang memory biasa, para ilmuwan itu bisa mengatasi masalah-masalah sebelumnya itu.

"Ini adalah sebuah pendekatan baru dalam merancang sebuah memori," kata Professor Elanor Campbell dari Unversitas Edinburg.

"Akan tetapi salah satu masalah dari piranti ini adalah bagaimana mereka bisa diproduksi dalam skala industri" ujar Campbell lebih lanjut.

Campbell juga menjelaskan para koleganya di Korsel kini terus melakukan penelitian untuk meningkatkan kecepatan operasi piranti baru itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement