Rabu 23 Mar 2011 19:01 WIB

Telkomsel Area Jabotabek-Jabar Fokus ke Layanan Broadband

Broadband Ready: VP Area Jabotabek Jabar Telkomsel Venusiana Papasi bersama GM SCS Outer Jakarta Nirwan Lesman dan GM SCS Metro Jakarta Daniel Azhari melakukan Speed Test network dengan menggunakan device terkini iPhone 4, Galaxy Tab dan iPad.
Foto: telkomsel
Broadband Ready: VP Area Jabotabek Jabar Telkomsel Venusiana Papasi bersama GM SCS Outer Jakarta Nirwan Lesman dan GM SCS Metro Jakarta Daniel Azhari melakukan Speed Test network dengan menggunakan device terkini iPhone 4, Galaxy Tab dan iPad.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Layanan berbasis jaringan pita lebar (broadband) akan menjadi fokus Telkomsel area Jabotabek-Jabar tahun 2011. Guna mendukung sasaran itu, telah disiapkan infrastruktur jaringan hingga berbagai produk berbasis internet broadband.

''Sesuai dengan visi kami sebagai penyedia layanan mobile lifestyle terbaik, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik mulai dari jaringan, berbagai produk dan device terkini, serta paket-paket internet murah mulai dari Rp 5.000 per hari,'' kata

VP Telkomsel Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi  

Respon positif dari pelanggan juga terlihat dari pertumbuhan pelanggan layanan data khususnya di Jabotabek Jabar yang pemakaiannya (usage) meningkat sekitar 300 persen dibanding tahun lalu, dengan daily payload mencapai 18 Terra Byte. Pelanggan layanan data juga mengalami peningkatan.

Pengguna Telkomsel Flash, kata Venusia, juga mengalami pertumbuhan signifikan. Dari sekitar 1,1 pengguna modem Flash, sekitar 710 ribu pelanggan ada di wilayah Jabotabek-Jabar. Ini belum termasuk pengguna layanan data yang tidak menggunakan modem.

“Hingga akhir tahun 2011 Jabotabek akan dilayani lebih dari 3.000 Node B, hal ini tentunya seiring dengan kebutuhan pelanggan yang akan terus kami upayakan terfasilitasi. Coverage jaringan yang rapat akan berpengaruh pada kecepatan dan kenyamanan akses pelanggan, dimana seluruh Area Jabotabek telah tercover jaringan 3G,” ungkap Venus.

Guna meningkatkan jumlah pengguna layanan data, Telkomsel Area Jabotabek-Jabar bakal semakin agresif menggarap pasar. ''Selain kalangan pelajar dan mahasiswa, kami juga akan masuk ke resedensial ( kawasan pemukiman),'' ujar Venus. Venus optimistis program ini akan mendapat respon positif, apalagi pihaknya menawarkan tarif terjangkau untuk layanan internet serta modem dengan harga Rp 250 ribu.

Menanggapi keluhan banyak pengguna flash, bahwa mereka tidak mendapatkan kecepatan akses seperti yang diinginkan, Venus mengingatkan bahwa masalah itu harus dilihat kasus per kasus. '' Pada layanan unlimited, ada fair usage. Jika fair usage telah habis, otomatis kecepatan akan berkurang,'' katanya menjelaskan.

Memang, diantara para pengguna Flash membutuhan kecepatan akses yang tinggi, '' Bukan sekadar up to,'' kata Venus. Mensikapi hal ini, telah dikembangkan layanan khusus dengan pendekatan end to end Quality of Service untuk layanan data di jaringan 3G/HSDPA/HSPA/HSPA+.

Dengan solusi ini, pelanggan memiliki privilege kecepatan akses dan prioritas lebih tinggi di jaringan data. '' Untuk sementara, layanan baru bisa dinikmati oleh pelanggan KartuHalo,'' kata Venus. Untuk menikmati layanan ini dikenakan tarif mulai dari Rp 125 ribu per bulan hingga Rp 400 ribu per bulan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement