Selasa 08 Mar 2011 18:24 WIB

SpeedUp SU 9800, Modem HSPA+ dengan Kecepatan Hingga 14.4 Mbps

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekalipun pasar layanan internet berkecepatan sangat tinggi masih sedikit, Telkomsel dan SpeedUp (MLW Telecom) mencoba peruntungan dengan modem SpeedUp Cheetah SU 9800 HSPA+.

Modem yang diluncurkan Selasa (8/3) ini telah mendukung kecepatan download hingga 14.4 Mbps dan uploads 5.76 Mbps. ''Secara teknis, jaringan Telkomsel mampu mendeliver data dengan kecepatan hingga 14.4 Mbps,'' kata VP Channel Management Telkomsel, Gideon Edi Purnomo.

Ketersediaan modem HSPA+, dengan sendirinya akan memudahkan pelanggan Telkomsel menikmati kecepatan akses sangat tinggi dari layanan HSPA+. Layanan HSPA+, kata Gideon, telah hadir di 24 kota di Indonesia. ''Akhir tahun ini diharapkan ada 44 kota yang telah terjangkau layanan HSPA+,'' kata Gideon.

Kehadiran HSPA+ yang dikembangkan Telkomsel, seperti makin melempangkan jalan menuju layanan seluler generasi ke empat (4G). Untuk layanan 4G sendiri, Telkomsel telah melakukan ujicoba implementasi Long Term Evolution (LTE).

Sekalipun baru melakukan sekali ujicoba, sebenarnya Telkomsel telah memasuki layanan 4G. Pasalnya banyak lembaga internasional telah menempatkan HSPA+ ke dalam rumpun 4G bersama-sama dengan Wimax dan LTE.

Ihwal layanan HSPA+ sendiri Gideon menyebut ada sekitar 1 persen pengguna dari seluruh pengguna layanan internet Telkomsel yang diperkirakan telah mencapai 15 juta. ''Penggunanya masih sedikit,'' kata Gideon.

Dalam pandangan Gideon, pengguna HSPA+ umumnya adalah kalangan  profesi seperti fotografer atau desainer. ''Mereka ini sangat membutuhkan dukungan akses yang cepat dengan kecepatan sangat tinggi,'' kata Gideon.

HSPA+ di Jakarta mampu melakukan download hingga 7 Mbps dan upload hingga 2 Mbps di sejumlah area publik. Layanan ini umumnya dinikmati pelanggan TelkomselFlash yang menggunakan layanan time based atau volume based. Telkomsel belum menyediakan paket unlimited untuk HSPA+.

SpeedUp yang dibundling dengan TelkomselFlash dilepas dengan harga Rp 999.999,-  Modem ini mengandalkan sistem operasi Studio 9 dan browser Google Chrome. Modem ini memiliki kemampuan desktop sharing, live streaming video berkualitas high definition, serta video conference tiga arah.

Direktur Produk dan Marketing SpeedUp Tech, Rachmad Widjaya Sakti optimistis bahwa produk bundling terbarunya akan direspon positif di pasar. '' Kami menargetkan angka penjualan 50 ribu unit per bulan,'' kata Rachmad.

Pada paket Bundling ini pembeli akan mendapatkan layanan gratis akses internet unlimited Telkomsel hingga tiga bulan. Rachmad menyatakan pihaknya akan menggelar roadshow di enam kota, Jakarta,Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement