Rabu 02 Mar 2011 09:02 WIB

Ini Dia, Konverter Video Gratisan yang Sokong File Bluray

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Freemake Video Converter
Foto: ADDICTIVETIPS.COM
Freemake Video Converter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gratis bukan berarti kacangan. Begitulah kira-kira gambaran perkembangan aplikasi konversi video cuma-cuma yang banyak beredar di dunia maya. Fungsinya tidak lagi sebatas mengubah format file video dalam jenis file umum. Lebih dari itu, file video generasi teranyar semacan bluray juga bisa dikonversi.

Coba saja tengok, aplikasi bernama Freemake Video Converter. Aplikasi yang satu ini memang sudah dikenal sebagai konverter ak berbayar yang konsisten mengembangkan diri lewat bermacam varian. Mereka juga meningkatkan kemampuan konversi sehingga proses pemindahan file menghasilkan output yang tak kalah dengan aplikasi mapan berbayar.

Bahkan boleh dibilang, Free Make telah memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk mengutak-atik pengaturan hasil keluaran sesuai yang diiginkan. Misalnya saja, codec video yang  disediakan cukup bervariasi seperti  resolusi MPEG4/2/1, H.264, H.263, XviD, VC1, WMV3, kecepatan dan opsi codec audio  mulai AAC, MP3, WMA, AMR, FLAC, juga dengan kecepatan yang dikehendaki.

Seperti dikutip dari Softpedia.com, Senin (28/2), FreeMake juga menampung aspirasi pengguna iPad, iPhone dan iPod guna mengkonversi video yang sesuai dengan codec dibutuhkan. Setali tiga uang bagi pengguna Sony PSP dan PS3 serta piranti android. 

Hal terpenting lainnya, Freemake tetap mengusung kemudahan operasional konversi. Artinya, pengguna awan bisa mengutak-atik pengaturan codec sesuai kebutuhan. Belum lagi kemudahan untuk mengganti audio berikut dengan gambar layaknya editor profesional.

Memang untuk versi terkini, efek transisi belum bisa dioptimalkan. Tapi tidak tertutup kemungkinan pada versi berikutnya hal itu bakal terwujud.

Tak ketinggalan pengguna juga bisa membuat DVD pribadi dengan petunjuk operasi yang juga sederhana. Pengguna cukup mengklik menu guna mengarahkan pada pembuatan DVD berikut aspek rasio yang digunakan.

Meski demikan, ada sejumlah kekurangan yang harus dimaklumi. Misalnya saja, Freemake tidak bisa memutar file WMA. Anda juga tidak bisa mengganti folder karena Freemake sudah menentukan lokasi output yang disimpan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement