Selasa 08 Feb 2011 17:55 WIB

Android dan Symbian Rentan Serangan Trojan

Ponsel dengan OS android
Foto: .
Ponsel dengan OS android

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Serangan terhadap smartphone sepanjang tahun 2009 mengalami peningkatan. Peningkatan serangan terhadap smartphone mencapai 49 persen bila dibandingkan dengan tahun 2009.

Reuters, mengutip riset yang dilakukan pengembang aplikasi security Mac Affe menyatakan bahwa peningkatan serangan juga terjadi pada smartphone, utamanya yang menggunakan sistem operasi Android dan Symbian.

Dua sistem operasi ini rentan dari serangan trojan. Berdasarkan riset yang dilakukan Mac Afee, tidak hanya pada sistem operasinya saja, melainkan juga aplikasi lain seperti games.

Peningkatan serangan ini, patut diduga, merupakan dampak dari meningkatnya akses internet dengan menggunakan komputer, tablet, smartphone atau meningkatnya akses ke internet televisi. Hal itu telah meningkatkan ancaman, termasuk didalamnya variasi atau jenis ancaman itu sendiri.

Mc Afee juga melaporkan bahwa kalangan hacker mulai melirik konten berbasis Flash atau PDF. Konten ini menjadi favorit mereka untuk dibobol. Mc Afee mencatat ada kenaikan penggunaan aplikasi produk Adobe di ponsel, termasuk aplikasi-aplikasi diluar produk Microsoft. Sebelumnya ponsel banyak menggunakan produk microsoft.

produk-produk Adobe, menjadi produk favorit para hacker. Sejumlah produk seperti Flash dan PDF menjadi 'target utama' para hacker tadi.

Sekalipun serangan trojan mengalami peningkatan, terjadi penurunan pada pengiriman spam di ponsel. Diperkirakan sepanjang tahun 2010, penurunan pengiriman spam mencapai 62 persen

sumber : reuters, phone arena
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement