Selasa 25 Jan 2011 18:41 WIB

Edit Foto tak Pernah Sederhana, Tapi dengan Aneesoft...

Aneesoft Free Image Editor
Foto: SOFTPEDIA
Aneesoft Free Image Editor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mengedit foto kini agak sulit dibilang khusus pekerjaan profesional. Aneesoft Free Image Editor, adalah salah satu alasan yang mempermudah pekerjaan itu dengan fungsi-fungsi grafis yang sederhana namun sangat membantu.

Software ini memenuhi semua kebutuhan dasar pengguna awam, crop (memotong), rotate (merotasi), watermark (menandai dengan huruf transparan) dan yang paling menarik dari semuanya, berbagai efek yang dapat dimainkan untuk mempermak foto berharga anda.

Setiap orang paling tidak memiliki satu foto yang paling diinginkan untuk dimodifikasi. Aneesoft didesain untuk membantu anda melakukan pengeditan foto yang ditawarkan mulai dari software paling sederhana, MS Paint hingga yang paling sakti, semacam Adobe Photosop. Bila anda berada di antara dua rentang tersebut dan sedang mencari aplikasi yang nyaman untuk digunakan, mungkin anda tertarik untuk mencicipi Aneesoft Free Image Editor.

Seperti yang ditegaskan oleh namanya, aplikasi ini gratis dan ada hal yang bakal membuat anda jatuh cinta pada sentuhan pertama. Anda hanya butuh waktu beberapa detik untuk menginstal plus bebas iklan. Itu berarti anda tak akan diganggu oleh toolbars atau iklan-iklan yang kerap mengganggu software gratisan.

Memang, antarmuka bukanlah kekuatan utama karena aplikasi minim tampilan sedap dipandang mata dibanding aplikasi lain. Tapi selalu ada keuntungan dibalik kesederhanaan. Dalam kasus Aneesoft, anda akan segera menyadari bahwa tampilan mentah membuat fitur-fitur lebih mudah digunakan.

Tidak melibatkan bar menu, tak ada fungsi tersembunyi, semua inti fungsi terkonsentrasi pada beberapa tombol yang terletak di bagian atas tampilan aplikasi. Tepat dibawahnya, hal ajaib terjadi.

Itu adalah area khusus menampilkan modifikasi yang telah anda buat pada foto anda. Selain memproses gambar yang sudah ada, Aneesfot juga membantu penggna yang ingin menciptakan gambar dengan warna dan teks sederhana.

Tentu dalam soal ini, anda harus sadar. jangan berharap terlalu banyak karena tak ada fasilitas untuk menghadirkan elemen-elemen layaknya Adobe Photoshop. Kreasi terbaik yang dapat anda hasilkan dari fitur ini adalah banner atau mungkin poster.

Jika anda ingin segera tahu apa saja yang bisa dilakukan, segera buka satu foto untuk melakukan eksperimen. Anda bisa mencoba membuat teks watermark. Cukup mudah, tinggal pilih huruf dalam rentang pilihan yang cukup banyak, pilih warna yang anda sukai untuk teks, pilih gaya (bold, italic, underline, strikethrough). Bungkus pilihan anda dengan satu klik dan bidik bagian di mana anda ingin teks itu muncul.

Selain watermark anda bisa juga bemain-main dengan fungsi crop dan efek. Soal efek Aneesoft menyediakan 15 pilihan dalam arus besar--Grey, Sepia Embossment, Gamma dan sebelas lain--yang dapat memberi sentuhan artistisk pada foto anda. Efek tadi pun dapat dikombinasikan dan menghasilkan sentuhan menarik diluar dugaan.

Satu keterangan yang perlu disampaikan terkait fitur ini adalah jika anda sebelumnya telah memotong gambar terebut, dalam windows Effects, gambar masih tertampil dalam bentuk asal, sehingga menghalangi anda melihat preview hasil akhir secara tepat. Namun, begitu anda selesai mengaplikasikan efek, ia akan tertampil dalam ukuran yang telah terpotong dalam windows utama.

Begitu selesai bereksperimen dan memutuskan hasil utak-atik cukup memuaskan, anda bisa menekan tombol "Save". Cuma, tiga format gambar yang disajikan pengembang aplikasi (JPEG, BMP dan PNG) bisa dibilang terlalu terbatas dan tidak memuaskan. Meski itu adalah format popular, tetap mengecewakan bagi sejumlah besar pengguna.

Satu lagi, saat mengedit anda dapat membatalkan pengubahan. Undo dan Redo juga sangat membantu meski anda tak bisa mengandalkan kunci-kunci shortcut (Ctrl+Z and Ctrl+Y) dalam aplikasi ini.

Kekurangan

1. Aneesoft Free Image Editor tak mendukung fungsi drag&drop dan hanya dapat memproses satu gambar dalam satu waktu, alias tak bisa multitasking.

2. Dukungan untuk format output gambar masih lemah dan tidak sepenuhnya impresif.

3. Efek yang tersedia dalam aplikasi juga tak bisa disesuaikan dan meski pengguna dapat mengombinasikan efek  yang telah ada untuk mendongkrak tampilan asli, menyimpan efek hasil kreasi baru tidak memungkinkan.

Fakta

Secara keseluruhan kehadiran Aneesoft Free Image Editor tidak sampai mengguncang dunia pengedit gambar, namun cukup menjanjikan untuk melakukan pengeditan dasar. Perlu diingat software ini tidak didesain untuk seni tingkat tinggi. Tapi paling tidak ia masih mengantarkan tampilan segara dan memikat pada foto-foto anda.

Kenyataan yang tak bisa dipungkiri adalah kemudahan penggunan dan bebas ongkos. Jadi anda tentu disambut hangat untuk mencoba dan membuktikan apakah software ini berguna dan cocok dijadikan aset permanen.

sumber : Softpedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement