Sabtu 15 Jan 2011 20:12 WIB

Apple Rilis iOS 4.3 Versi Beta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Apple merilis versi beta dari sistem operasi iOS yang menunjukkan beberapa fitur yang akan muncul untuk para pengguna iPhone dan iPad dan mengisyaratkan bentuk versi masa depan dari perangkat-perangkat yang mungkin dikembangkan.

Telegraph melaporkan, versi beta iOS 4.3 dirilis untuk memberikan kesempatan kepada pengembang menyiapkan aplikasi-aplikasi bagi fitur-fitur baru.Fitur-fitur baru sudah di-posting secara online dan para pengguna versi beta sudah mendalami iOS untuk menemukan petunjuk bagi perubahan masa depan.

Fitur-fitur baru dalam iOS 4.3 termasuk meningkatkan dukungan AirPlay, yang memungkinkan aplikasi-aplikasi dan situs-situs mengirim video dari iPhone atau iPad ke Apple TV, dan dukungan bagi "hotspot pribadi", yang akan membiarkan iPhone menciptakan hotspot wifi yang bisa digunakan perangkat lain.

Versi baru itu juga memberi lebih banyak gerakan multisentuh, contohnya menggesekkan jari ke atas layar akan menunjukkan menu multitasking.

Apple juga sudah menambahkan pilihan yang memungkinkan pengguna memilih fungsi switch di sisi iPad. Saat iPad diluncurkan, fungsi itu untuk mengunci arah layar pada iPad, tetapi dalam iOS 4.2, Apple mengubahnya untuk switch mute, seperti iPhone dan iPod touch. Pilihan baru memungkinkan para pengguna memilih apa yang bisa dilakukan dengan switch itu.

Pencarian melalui kode untuk versi baru iOS mengungkapkan petunjuk mengenai masa depan dari perangkat iOS. Menurut Telegraph, MacRumors menemukan referensi untuk sesuatu yang disebut "Find My Friends", yang membawa mereka pada spekulasi bahwa Apple merencanakan layanan sosial berbasis lokasi.

Komunitas 9 TO 5 Mac sudah menemukan gambar-gambar yang menunjukkan versi iPad selanjutnya yang akan memiliki kamera, meskipun diharapkan bukan layar beresolusi lebih tinggi.

Sementara Engadget sudah menemukan petunjuk untuk model baru bagi perangkat iOS, termasuk dua iPhone baru dan tiga iPad baru. iPhone kedua sepertinya menjadi versi yang mengacu pada standar CDMA mobile untuk jaringan Verizon Amerika. Tiga iPad kemungkinan menjadi model wifi, model standar GSM, dan versi CDMA.

Mengutip telegraph, Boy Genius Report (BGR) mengatakan bahwa versi masa depan iPad dan iPhone mungkin menyingkirkan tombol Home dan bekerja sepenuhnya dengan gerakan sentuhan. Sumber BGR mengatakan Apple sudah mengetes perangkat tanpa tombol itu.

sumber : telegraph,antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement