Sabtu 15 Jan 2011 07:27 WIB

Rintis Cloud Computing, Telkomsel Rilis Business Connect

Peluncuran Business Connect
Peluncuran Business Connect

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel melakukan soft launching layanan Business Connect untuk pelanggan korporat. Pada layanan ini, Telkomsel menggandeng Google.

Busines Connect merupakan suatu solusi konektivitas bisnis berbasis web untuk mengoperasikan email, instant messaging, calendar, office operation tool dan document terintegrasi. Bussines Connect menggunakan Google Apps dan didukung jaringan broadband Telkomsel.

Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno menyatakan bahwa Bussines Connect menyediakan layanan terintegrasi untuk menunjang aktivitas bisnis pelanggan korporat secara mobile. ''Kami berharap bahwa pelanggan korporat mampu memaksimalkan beragam aplikasi Google Apps untuk mengoptimalkan performansi perusahaan,'' kata Sarwoto pada peluncuran Business Connect di Jakarta, Jumat sore.

Sarwoto menambahkan bahwa dengan adanya layanan Bussines Connect, Telkomsel telah merintis implementasi layanan cloud computing di Indonesia. Pandangan senada disampaikan Managing Director Google, Asia Pasifik, Doug Faber.

Doug menyatakan bahwa Business Connect pada dasarnya adalah aplikasi web berbasis cloud computing. Pada layanan ini pelanggan cukup menyediakan device untuk mengakses web. Aplikasi, server termasuk jaringan telah disediakan Telkomsel dan Google.

Setiap pelanggan akan mendapatkan satu domain. Dengan domain yang dimiliki, pelanggan bisa membuat akun imel sendiri. Dengan aplikasi ini, suatu pimpinan kantor bisa mendiskusikan satu proyek, proposal atau rencana kerja dengan jajaran terkait melalui web (imel).

Selain menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar, Business Connect juga menyediakan kapasitas pengunduhan dan sharing data dengan kapasitas hingga 1 GB. Aplikasi file sharing dikustomosasi sedemikian rupa, sehingga bisa diatur siapa yang bisa mengedit satu proposal, rencana kerja atau project, siapa yang hanya bisa membuka file saja.

Untuk layanan inu, setiap pelanggan akan mendapatkan domain dan password. Kapasitas penyimpanan yang disediakan mencapai 50 GB. Biaya dikutip berdasarkan jumlah user atau pengguna layanan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement