Jumat 14 Jan 2011 19:14 WIB

Angry Bird, Aplikasi Paling Banyak Diunduh Tahun 2010

angry bird
angry bird

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Riset yang dilakukan Distimo mencatat bahwa aplikasi multiplatform yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2010 adalah games Angry Birds.

Games produk Rovio ini memang tersedia dalam berbagai platform, baik Apple, Blackberry, Android maupun Symbian. Rovio menyediakan dua versi untuk aplikasi ini, berbayar dan tidak berbayar. Games Angry Bird sendiri muncul dalam berbagai edisi.

Riset yang sama mengungkapkan bahwa Apple Store tercatat sebagai mal virtual yang mendapat pasokan aplikasi baru terbanyak tahun 2010. Pasokan aplikasi ke App Store sepanjang tahun 2010 mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2009. Sepanjang tahun 2010 diperkirakan ada pasokan 300 ribu aplikasi baru.

Pasokan aplikasi baru di App Store jauh diatas pasokan yang masuk ke Android Market yang dikembangkan Google. Tahun 2010, Android Market menerima pasokan sekitar 130 ribu aplikasi baru. Jumlah ini mengalami peningkatan hampir enam kali lipat dibandingkan dengan aplikasi yang ada tahun 2009.

Riset yang dilakukan Distimo juga mencatat bahwa terjadi peningkatakan yang signifikan jumlah pasokan aplikasi ke mal virtual lain, seperti Blackberry App World dan Nokia Ovi Store. Aplikasi yang dipasok ke dua mal virtual, dilukiskan Distimo mengalami peningkatan hingga tiga digit.

Blackberry Apps, misalnya, mendapat pasokan 18 ribu aplikasi baru sepanjang tahun 2010. Dari sisi jumlah, Blackberry App mencatat kenaikan hingga 258 persen dibandingkan tahun 2009.

Peningkatan yang sangat dramatis dibukukan Ovi Store. Tahun 2010, Ovi Store mendapat pasokan sekitar 25 ribu aplikasi baru, atau meningkat 899 persen dibandingkan periode tahun 2009.

Riset yang dilakukan Distimo juga mencatat bahwa masing-masing mal virtual membukukan pertumbuhan yang berbeda-beda untuk masing-masing kategori aplikasi. Pada App Store, pertumbuhan tertinggi tercatat pada aplikasi bisnis, medika, gaya hidup, finance dan musik.

Blackberry App World mencatat kenaikan tertinggi untuk kategori aplikasi referensi dan ebooks, thema, musik dan audio, berita, kesehatan. Android Market kenaikan aplikasi tertinggi terjadi pada kategori komik, olahraga, kartu dan kasino, hiburan, kesehatan. Sementara pada Nokia Ovi Store, kenaikan aplikasi tertinggi tercatat pada kategori news dan info, olahraga, bisnis, musik, peta dan petunjuk kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement