Jumat 14 Jan 2011 08:15 WIB

iPad Gerus Pasar PC

iPad Apple
Foto: WIRED
iPad Apple

REPUBLIKA.CO.ID, Perlahan tapi pasti, produk komputer tablet memakan produk komputer lainnya selama setahun terakhir. Demikian data yang diperlihatkan dua firma tracking penjualan komputer, IDC dan Gartner.

Menurut IDC, dalam tiga bulan berakhir pengiriman komputer hanya tumbuh 2,7 persen. Bila dibandingkan dengan kinerja pengapalan komputer selama 2010 yang 13,6 persen.

Sementara riset Gartner menyatakan pengapalan komputer dalam empat bulan terakhir di 2010 hanya tumbuh 3,1 persen.

Kedua firma pencatat produksi komputer ini menyatakan, satu penyebab lesunya pengapalan komputer adalah tablet dari Apple, iPad. Itu mengapa, sejumlah pabrikan komputer lainnya berlomba-lomba membuat produk saingan iPad.

"Pasar komputer di Eropa dan Amerika Serikat saat ini sedang jelek. Penyebabnya ya karena iPad," kata analis IDC, Jay Chou, seperti dikutip BBC, Kamis (13/1).

Diperkirakan, penjualan komputer jenis tablet tahun ini akan tumbuh pesat. Satu perkiraan menyebutkan, penjualan tablet bisa mencapai 50 juta unit di 2011.

Meski demikian, itu masih jauh dari total permintaan akan komputer yang dihitung tahun lalu sebanyak 346,2 juta unit.

IDC memprediksi, pasar komputer akan terus tumbuh minimal 10 persen tahun ini. Hewlett-Packard masih merajai penjualan komputer di seluruh dunia, dengan pangsa pasar 19,5 persen. Disusul komputer Dell dan Acer.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement