Selasa 28 Dec 2010 06:04 WIB

Gideon : Mau Tablet atau Puyer, Kita Siap

Playbook lebih kecil dan lebih ringan dibanding iPad buatan Apple.
Foto: ap
Playbook lebih kecil dan lebih ringan dibanding iPad buatan Apple.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Telkomsel siap menyambut kehadiran komputer tablet Research In Motion, Playbook, yang diperkirakan akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun  2011.

'' Mau tablet, puyer atau sirup, kita siap menyambut kehadirannya. Kita siap menghadapi booming komputer tablet,'' ujar VP Channel Management Telkomsel, Gideon Edi Purnomo sambil bergurau. Gideon melukiskan bahwa Telkomsel telah melakukan serangkaian persiapan dan antisipasi.

Menurut Gideon Playbook memang berbeda dengan gadget blackberry lain, karena pengoperasianya menggunakan wifi. '' Kita lakukan antisipasi utilisasi di internet. Bisa saja wifinya menggunakan jaringan Telkomsel,'' kata Gideon.

Ia melukiskan dari sisi kapasitas jaringan, pihaknya selalu menyediakan lebih. ''Sebagai contoh, untuk antisipasi kebutuhan lima bulan ke depan, kita sudah siapkan sekarang. Misalnya untuk lima tahun  kedepan kita butuh kapasitas 100, tanpa harus menunggu lima bulan lagi, kita siapkan kapasitas 100 untuk saat ini,'' kata Gideon.

Gideon kemudian menunjuk kapasitas yang disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna blackberry. ''Prediksi kami sebelumnya pelanggan Blackberry sampai akhir tahun sekitar 800 ribu, namun buktinya jumlah pelanggan lebih tinggi dari perkiraan,'' ujarnya.

Sekalipun terjadi lonjakan jumlah pelanggan, Gideon memastikan layanan Blackberry tak akan terganggu, karena bandwith yang disiapkan lebih dari cukup. ''Bandwith yang ada 1,2 GB baru digunakan sekitar 60-an persen,'' kata Gideon. Dengan kapasitas sebesar itu, Telkomsel mampu menghandle hingga 2 juta pelanggan Blackberry.

Telkomsel sendiri disebut Gideon lebih fokus ke layanan broadband. ''Saat ini untuk pengembangan infrastruktur 60 persen dialokasikan untuk 3G, 2G mulai dikurangi,'' katanya.

Diminta komentarnya soal iPad, Gideon menyatakan pihaknya mendapat apresiasi dari Apple Inc karena menyediakan  paket layanan data untuk pengguna iPad. ''Apple meng-endorse paket Rp 75 ribu per bulan yang kami sediakan,'' kata Gideon.

Tentang penjualan bundling iPad dengan Telkomsel, Gideon mengaku tengah menyiapkan. ''Baru disiapkan channelnya. Tunggu saja tanggal mainnya,'' katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement