Kamis 23 Dec 2010 20:11 WIB

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Akhir Tahun

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Elemen jaringan XL Axiata siap menghadapi lonjakan trafik pada saat liburan akhir tahun dan Tahun Baru 2010. Kapasitas yang tersedia diperkirakan mampu menghandle kenaikan trafik yang terjadi.

GM Network Operation, Robert Dedi Purwanto mengemukakan bahwa pada liburan akhir tahun dan Tahun Baru 2010 trafik komunikasi diperkirakan mengalami peningkatan cukup signifikan. Sekalipun tidak setinggi pada Hari Raya Idul Fitri, XL Axiata memprediksi kenaikan maksimal mencapai 30 persen.

''Dengan kenaikan sampai 30 persen, kapasitas jaringan yang kami miliki masih mampu menghandlenya. Karena tingkat utilitas jaringan saat ini baru mencapai sekitar 60 persen saja,'' kata Dedy. Dengan demikian, apabila terjadi kenaikan sekitar 30 persen, masih tersedia kapasitas 10 persen, sehingga kualitas layanan masih tetap terjaga.

Berbicara mengenai kapasitas jaringan XL, Dedy mengemukakan untuk layanan voice kapasitas yang tersedia mencapai 940 juta menit per hari. '' Utilisasinya masih sekitar 60 persen, kalau ada kenaikan 30 persen kami masih mampu,'' kata Dedy.

Utilitas yang lebih rendah ada pada layanan SMS. SMS centre XL Axiata memiliki kapasitas 59 ribu sms per detik. ''Trafik SMS pada saat peak mencapai 650 juta SMS atau 24 ribu SMS per detik,'' ujar Dedy menjelaskan. Untuk SMS, kapasitas yang tersedia baru digunakan sekitar 40 persen saja.

Kapasitas sangat besar juga dimiliki XL untuk layanan data. Dari kapasitas 173 TB, pemanfaatan harian baru sekitar 10 persen atau sekitar 17 TB. Bagaimana dengan Blackberry? '' Bandwith kami mencapai 620 MB, baru digunakan sekitar 60-an persen,'' papar Dedy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement