Jumat 10 Dec 2010 15:00 WIB

Demi Pasangan Homoseksual, Ilmuwan AS Bikin Satu Tikus Dua Ayah

Bayi mencit. Ilustrasi
Foto: .
Bayi mencit. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Ilmuwan Amerika Serikat menguji coba penggunaan teknologi sel induk untuk membuat tikus dari dua ayah. Langkah ini mereka katakan bisa membantu melestarikan spesies langka dan bahkan membantu pasangan sesama jenis memiliki anak dengan genetik mereka sendiri satu hari nanti.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Biology of Reproduction, ilmuwan reproduksi di Texas mampu memanipulasi sel-sel dari sebuah janin tikus jantan (XY) untuk menghasilkan lini sel induced pluripotent stem (iPS).

Sel-sel iPS ini merupakan sel dewasa yang telah mengalami beberapa pemrograman ulang genetik untuk memasukkan sel batang embrionik. Beberapa sel yang ditumbuhkan dari baris baru secara spontan akan kehilangan kromosom Y, mengubahnya menjadi sel XO.

Sel-sel XO disuntikkan ke dalam embrio dari tikus betina donor dan dipindahkan ke ibu tikus pengganti yang melahirkan bayi dengan satu kromosom X dari tikus jantan asli.

Bayi tikus yang tumbuh kemudian dikawinkan dengan mencit jantan normal. keturunan mereka, baik laki-laki dan perempuan, menunjukkan kontribusi genetik dari dua ayah.

Penelitian ini dipimpin oleh Richard R Berhringer di MD Anderson Cancer Center. Para peneliti mengatakan bahwa dengan variasi teknik mereka, "mungkin juga memungkinkan untuk menghasilkan sperma dari donor yang betina dan menghasilkan keturunan laki-laki dan perempuan yang layak dengan dua ibu."